Beranda Ibu Kota Dua Alat Pengolahan Meledak,11 Karyawan Virtue Dragon Dilarikan ke Rumah Sakit

Dua Alat Pengolahan Meledak,11 Karyawan Virtue Dragon Dilarikan ke Rumah Sakit

358

Kampung Konawe
Unaaha, – Sebelas orang karyawan dilaporkan menjadi korban dari sejumlah ledakan yang terjadi dikawasan PT Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) di Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe. Dua ledakan terjadi pada Jumat 13 Oktober lalu.

Ledakan ini dipicu pada kerusakan alat Electrostatic Precipitator (ESP) pada unit 4 dan juga unit 5, kejadian awal ini terjadi pada Jumat subuh sekitar pukul 04, dan juga pukul 8 pagi.

HRD PT VDNI Morosi, A Chairillah Wijdan mengungkapkan, insiden ini terjadi saat mesin dalam proses produksi yang sedang berjalan tiba-tiba meledak.

Akibatnya 11 orang karyawan tersebut,mengalami gangguan pernafasan.”Tidak ada korban luka, atau terbakar, korban terjadi pada ledakan kedua disaat mereka sedang melakukan pembersihan lokasi ledakan pertama,” ungkapnya.

Saat ini dari 11 karyawan yang mengalami gangguan pernafasan karna efek asap tersebut 10 orang telah kembali dari rumah sakit, namun seorang kini masih menjalani perawatan karna menderita darah tinggi, kesemua korban kejadian ini sebelumnya dilarikan ke rumah sakit Bahteramas kendari.

Selain kerugian korban luka dari karyawan, pihak manajemen VDNI juga,mengaku mengalami kerugian hingga 60 ribu dollar Amerika Karna selama 3 hari sejak kejadian,terpaksa mengurangi proses pengolahan ore nikel.

Adapun untuk proses perbaikan diperkirakan akan memakan waktu hingga sebulan penuh. (KS/Eko)