Beranda Kampung Hukrim Dua Mantan Komisioner KPU Konsel Divonis 1,3 Tahun

Dua Mantan Komisioner KPU Konsel Divonis 1,3 Tahun

484

Ibu Kota
Kendari, – Dua mantan komisioner KPUD Konawe Selatan (Konsel), yakni Sutamin Rembasa dan Yusran, terdakwa Kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) terkait dana hibah KPUD Konsel, untuk sewa kendaraan selama proses Pilkada tahun 2015 lalu, di vonis oleh majelis hakim dengan pidana penjara satu tahun tiga bulan, dan denda Rp 50 juta.

Sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Tipikor/ PHI Klas I A Kendari, Selasa (11/7/2017) dipimpin langsung oleh majelis hakim Irmawati Abidin SH., MH, serta dua rekannya hakim anggota Dwi Mulyono SH, dan Darwin Panjaitan SH.

Di persidangan, Irmawati Abidin menjelaskan, bahwa dalam materi putusan, kedua terdakwa telah dinyatakan bersalah menggunakan anggaran sewa tersebut, yang pada akhirnya melanggar prosedur sebagaimana yang telah diatur oleh Peraturan Presiden (Pepres).

”Kami menimbang, bahwa kedua terdakwa Yusran dan Sutamin dinyatakan bersalah atas prosedur kegiatan sewa kendaraan tersebut Dimana kedua terdakwa melanggar Pepres 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa, karena dalam kontrak sewa, tidak tercantum tanda tangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), ” ungkapnya.

Atas hal tersebut, kata Irma, dirinya bersama dua hakim anggota telah mempertimbangkan, serta memutuskan kepada kedua terdakwa, untuk dikenakan pidana kurungan penjara dan sejumlah uang denda.

“Kedua terdakwa kami jatuhkan hukuman pidana penjara satu tahun tiga bulan, dan denda Rp 50 juta. Apabila denda tersebut tidak dibayarkan, maka akan digantikan dengan pidana penjara selama satu bulan,” tegasnya.

Pasca pembacaan vonis ini, majelis hakim mempersilahkan keduanya untuk mengajukan banding jika keberatan, serta keduanya diberikan waktu selama satu minggu untuk berfikir atas putusan Majelis Hakim.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa Yusran mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan putusan hakim terhadap kliennya tersebut.

“Intinya, kami akan rapatkan dulu bersama tim kami, kan masih ada waktu tujuh hari diberikan oleh majelis, tapi tidak menutup kemungkinan juga, nantinya kami akan ajukan banding, ” papar Darwis SH saat ditemui awak TenggaraNews.com usai pembacaan putusan.

Ditempat yang sama, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Konsel, Desy Indrayani SH menjelaskan, putusan majelis hakim terhadap terdakwa berbeda dengan tuntutan Jaksa sebelumnya.

”Pidana penjara oleh kedua terdakwa itu berbeda dengan tuntutan kami sebelumnya, yang menuntut terdakwa pidana kurungan penjara satu tahun sepuluh bulan. Kalau masalah denda sudah sesuai, hanya soal pidana penjara saja dan putusan hakim, kami akan segera rapatkan dulu bersama pimpinan, kami kan diberi waktu satu minggu, apakah kami akan banding atau terima putusan, nanti ditunggu aja perkembangannya,” beber Desy.

Untuk diketahui, terkait kasus tersebut, lima Anggota Komisioner telah ditetapkan sebagai terdakwa oleh Jaksa kejari Konsel, dimana kelima anggota komisioner tersebut menjalani sidang secara terpisah dan seluruhnya telah dijatuhi vonis oleh majelis hakim.

Ketiga komisioner lainnya, yang telah divonis sebelumnya diantaranya, mantan Ketua KPU Konsel, Djabal Nur divonis satu tahun empat bulan kurungan penjara, Selasa (13/6/2017) lalu.

Dua komisioner KPU Konsel lainnya, yakni Nuzul Qodri dan Aswan telah divonis satu tahun dua bulan kurungan penjara, serta denda masing-masing senilai Rp 50 juta, Selasa (4/4/2017) lalu di Pengadilan Tipikor Kendari.(KS/Fd)