Beranda Ibu Kota Gedung Kantor Walikota Yang Terbakar Belum Bisa di Gunakan

Gedung Kantor Walikota Yang Terbakar Belum Bisa di Gunakan

215
Ketgam : Wali Kota Kendari, Asrun saat meninjau Gedung Kantor Walikota Kendari yang terbakar beberapa waktu yang lalu.

Ibu Kota
Kendari, – Tiga ruangan kantor Walikota Kendari, yang beberapa waktu terbakar saat ini belum bisa digunakan, sebab masih harus dilakukan pengecekan terhadap ketahanan bangunan pasca terbakar.

Kabag Humas Kota Kendari, Ali Kibu, saat ditemui di ruang kerjanya. Ia mengungkapkan saat ini sedang dilakukan pembenahan guna memperlancar pelayanan terhadap masyarakat.

“Gedung Sekretariat pasca kebakaran yang lalu sedang di benahi, untuk memperlancar pelayanan kepada masyarakat,”katanya.

Sembari menunggu dilakukan pembenahan gedung yang terbakar, sementara dialihkan kebeberrapa ruang pemerintahan seperti di bagian Hukum.

“Saat ini masih meminjam ruangan yang di pemerintahan, ada yang di bagian hukum,”paparnya.

Sementara untuk pembenahannya Pemerintah Kota Kendari melibatkan tim ahli konstruksi, guna mengecek ketahanan bangunan pasca terbakar. Sebab jika melihat dari konstruksi bangunan yang sudah cukup tua, dan terpapar panas api kemungkinan bangunan mudah roboh.

“Belum bisa tempati sebelum di tinjau dari ahlinya, karena itukan terbakar panas, takutnya nanti dia roboh mengingat usia bangunan pula sudah cukup tua sejak di bangun puluhan tahun lalu,”ungkapnya.

Namun ia menjelaskan jika dari hasil pengecekan tim ahli masih layak digunakan, maka akan di gunakan, namun jika tidak maka akan dilaksanakan opsi kedua yaitu mencari ruangan yang lain.

“Kalau layak untuk di pakai kita akan pakai, kalau tidak kita akan cari ruanga lain namun tetap kita akan upayakan untuk di gunakan,”jelasnya.

Sementara untuk ruangan Sekda Kota dan Wawali Kendari, yang sempat terpapar panas sudah di gunakan. Sebab sudah dilakukan beberapa perbaikan seperti pengecetan karena terkena kepulan asap.

Sementara masih ada ruangan yang mendapat garis Polisi, belum sama sekali bisa digunakan, karena masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh pihak Kepolsian untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Sementara itu untuk penganggaran gedung yang terbakar tersebut akan menggunakan anggaran APBD Kota Kendari.

“Rehap kantor itu ada sudah di siapkan menggunakan ABPD, tapi kita belum tau total untuk rehabnya,”tutupnya.(KS/Fd)