Beranda Lainnya Lipsus Ground Breaking Pengerjaan Jalan Toronipa-Kendari, Kery : Untuk Peningkatan Ekonomi

Ground Breaking Pengerjaan Jalan Toronipa-Kendari, Kery : Untuk Peningkatan Ekonomi

130
Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) bersama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kanan) saat peletakan batu dalam acara ground breaking pembangunan jalan Toronipa-Kendari di Pantai Toronipa, Kecamatan Soropia.
Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) bersama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kanan) saat peletakan batu dalam acara ground breaking pembangunan jalan Toronipa-Kendari di Pantai Toronipa, Kecamatan Soropia.

UNAAHA, – Gubernur Sultra, Ali Mazi bersama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa membuka acara peletakan batu pertama atau ground breaking pengerjaan jalan Toronipa-Kendari di pantai Toronipa, Kecamatan Soropia, Selasa (3/9/2019).

Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya menyampaikan, pengerjaan jalan Toronipa-Kendari ini karena masuk dalam tanggungan pemprov. Tujuannya sendiri dalam upaya peningkatan akses menuju wisata Pantai Toronipa.

Dituturkan Ali Mazi, jalan Toronipa – Kendari yang akan dibangun ini memiliki panjang 14,6 kilometer dengan luas 27 meter. Keseluruhan biaya konstruksi yang disediakan pemprov berjumlah Rp1,6 triliun. Baik dari sisi anggaran hingga volume, sudah dilakukan perubahan lebih dahulu sebelum akhirnya dipastikan.

Untuk pelaksanaannya, dijelaskan Ali Mazi, pembangunan jalan ini akan dilakukan secara bertahap mulai tahun ini hingga 2021 mendatang dengan menyesuaikan APBD provinsi Sultra sebagai sumber pembiayaan. Khusus tahun ini adalah tahap kesatu.

“Tahun ini, target pembangunan direncanakan sepanjang 2,1 kilometer dengan menghabiskan biaya sebesar Rp 144 miliar. Untuk pembangunan selanjutnya itu akan dilaksanakan secara multi years,” ungkap Ali Mazi.

Pengerjaan jalan inipun, diterangkan Ali Mazi sebagai upaya pemberdayaan kawasan strategis pariwisata di lingkup Sultra. Toronipa pun dalam hasil kajian akhirnya menjadi kawasan yang ditetapkan baik dari sisi strategis, history hingga lingkungan.

Menurutnya, jika ini sukses berjalan dipastikan akan menjadi pilot projec dan kebanggaan masyarakat Sultra khusus warga sekitar Toronipa, terlebih jalan ini menjadi salah satu projec terbesar di wilayah indonesia timur.

“Insya Allah proyek ini akan berjalan baik dan lancar. Kalau ini berhasil akan jadi kebanggaan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yakin proyeksi ini dapat membawa pertumbuhan positif bagi masyarakat setempat, apalagi daerah Toronipa bagian dari Konawe. Untuk itu, ide pemprov melalui Gubernur ini didukungnya secara penuh.

Kery mencontohkan, pertumbuhan yang paling terasa nantinya adalah dari sisi ekonomi yang diyakininya akan bisa maju. Sebab, daerah wisata selalu menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi warga apalagi seperti pantai Toronipa yang sudah dikenal luas masyarakat.

Demi mendukung upaya pemprov, Kery menyampaikan akan ikut mendorong perbaikan fasilitas yang ada, khususnya yang berada di bawah tanggung jawab pemda Konawe.

“Kita yakin pembangunan jalan pariwisata Toronipa – Kendari ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat kita. Selanjutnya tinggal kita akan perbaiki fasilitas yang masih kurang,” ujar Kery.

Beberapa fasilitas yang akan menjadi prioritas Pemda Konawe seperti Puskesmas, Sekolah, Masjid dan fasilitas penunjang yang akan memudahkan para pengunjung. (Red)