Beranda Kampung Pendidikan Guru Asal Konawe Juara Olimpiade Nasional Bidang Matematika

Guru Asal Konawe Juara Olimpiade Nasional Bidang Matematika

902
Juara II Olimpiade Guru Nasional (OGN) tahun 2019, Asra, S.Pd., M.Pd (kanan) bersama Pelaksana Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe, Suriyadi.

UNAAHA, – Prestasi membanggakan diraih guru asal Konawe. Kali ini datang dari ajang Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Dasar Tahun 2019. Adalah Asra, S.Pd., M.Pd yang meraih Juara II.

Berlangsung sejak 29 April hingga 3 Mei 2019 di Hotel Aston Priority Simatupang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Asra meraih posisi runner up di bidang Matematika sekolah menengah pertama (SMP).

Asra merupakan tenaga pendidik di SMP Negeri 2 Unaaha dengan mata pelajaran matematika.

Ikutnya Asra di OGN tahun ini sebagai wakil Sulawesi Tenggara (Sultra), usai sebelumnya mengalahkan calon-calon delegasi lainnya, mulai tingkat kabupaten hingga provinsi.

Ditingkat nasional, seleksinya dilakukan dengan tiga jenis kategori lomba yakni lomba tes tertulis, lomba eksplorasi dan lomba persentasi.

Jenjang lomba OGN sendiri ada dua, pertama Sekolah Dasar (SD) dan SMP yang kini diikuti Asra. Untuk jenisnya ada 7 kategori, 2 di tingkat SD dan sisanya SMP dengan masing-masing perwakilan.

“OGN ini dilaksanakan untuk mendapatkan guru terbaik di bidang masing-masing. Saya pertama kalinya ikut ini (OGN)” terang Asra pada wartawan Rabu (8/5/2019).

Sementara itu, Pelaksana Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Konawe, Suriyadi mengatakan, prestasi yang dihadirkan Asra adalah sebuah kebanggaan untuk daerah.

Untuk itu, sebagai perpanjangan tangan pemerintah Konawe, ia menyatakan apresiasinya untuk Asra.

Ia pun berharap, prestasi sejenis tidak berhenti pada momen ini, tapi terus lahir baik dibidang saat ini maupun dijenjang lainnya.

“Atas prestasinya ini, melalui pemerintah daerah Konawe, akan diberikan reward baik berupa moril maupun materil sebagai bentuk dukungan,” ujar Suriyadi.

Meski diakuinya, dukungan pemerintah diawal perjalanan peserta OGN ini sangat minim. Namun ia berjanji kedepannya akan lebih memperhatikan hal-hal seperti ini.

Perhatian ini baik dalam sisi persiapan hingga reward. Ini diharapkan akan memacu para guru untuk berprestasi yang bisa membangakan daerah.

“Kedepan akan kita lebih perhatikan, mulai dari tingkat seleksi hingga ke jenjang lombanya,” kata Suriyadi. (Red)