Beranda Lainnya Advertorial Gusli Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional

Gusli Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional

110
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat menyaksikan dari dekat tari mekako yang dipersembahkan oleh TK Putri Irigasi Tuoi, di pelataran Lapangan Apel Kantor Bupati Konawe, Kamis, (2/5/2019).
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat menyaksikan dari dekat tari mekako yang dipersembahkan oleh TK Putri Irigasi Tuoi, di pelataran Lapangan Apel Kantor Bupati Konawe, Kamis, (2/5/2019).

UNAAHA – Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei 2019 (kemarin) Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara menjadi Inspektur Upacara, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Konawe, Kamis (2/5/2019).

Turut hadiri dalam upacara Hardiknas, diantaranya, jajaran pejabat Pemda Konawe Sekda Konawe, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BAPPEDA, Kadis Kesehatan, Kadis Disperindag dan pimpinan OPD lainnya. Serta dihadiri ribuan peserta dari ASN Pemda Konawe, pelajar jenjang SD, SMP dan SMA.

Dalam kesempatan itu, orang nomor dua di Kabupaten Konawe ini membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy.

Dalam sambutannya tersebut ditegaskan, bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional, sebagaimana tertuang dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat meminpin upacara Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor Bupati Konawe.
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat meminpin upacara Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor Bupati Konawe.

“Dalam UU tersebut di Pasal 13 disebutkan, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” ujar Gusli dalam sambutannya.

Dalam memperingati Hardiknas tahun 2019 ini pemerintah pusat melalui Mendikbud mengangkat tema “Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan”.

Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Konawe ini menambahkan, guna membingkai dan mempersiapkan hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan dimasa depan. Ia juga mengajak peserta upacara, agar melalui momentum Hardiknas bisa mengkonsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat.

“Dengan ketrampilan dan kecakapan tinggi, sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,” ujarnya.

Pawai Anak memperingati Hari Pendidikan Nasional
Pawai Anak memperingati Hari Pendidikan Nasional

“Atas nama pemerintah, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, dan wartawan,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Konawe ini mengajak kepada kontributor pendidik lainnya agar tidak lelah menggapai mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan yang terang untuk masa depan anak Indonesia, sehingga bisa menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat disekitarnya.

“Selamat Hardiknas. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,” tutup Gusli dalam sambutannya. (Red)