Beranda Kampung Pendidikan HMI Konawe Sukses Laksanakan Intermediate Training Tingkat Nasional

HMI Konawe Sukses Laksanakan Intermediate Training Tingkat Nasional

296
Foto bersama peserta Intermediate Training atau Latihan Kader II (LK-II) tingkat Nasional yang dilaksanakan HMI Cabang Konawe usai penutupan kegiatan.
Foto bersama peserta Intermediate Training atau Latihan Kader II (LK-II) tingkat Nasional yang dilaksanakan HMI Cabang Konawe usai penutupan kegiatan.

UNAAHA, – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Konawe sukses menggelar kegiatan Intermediate Training atau Latihan Kader II (LK-II) tingkat Nasional di Balai Kecamatan Unaaha 21-29 Februari. Penutupan dilaksanakan pada 1 Maret 2020.

Ketua HMI Cabang Konawe, Masbudin mengatakan, Intermediate Training tingkat nasional ini diikuti 34 peserta namun yang lulus dan mendapat sertifikat LK-II hanya 29 orang.

Diterangkannya, pendaftar awalnya berjumlah 65 orang, namun berguguran di tahapan screening atau penyaringan. Tahapan penjaringan sendiri dilaksanakan pada 16-20 Februari 2020.

“Pesertanya itu dari HMI Cabang Gowa, Bone, Kendari, dan HMI Cabang Konawe sendiri. Tahapan screening ada tiga yang dinilai yaitu afektif, kongnitif n psikomotorik,” kata Masbudin.

Menurut Masbudin, LK-II yang diselenggarakan ini adalah kali pertama dalam kurun 8 tahun terakhir, dan pertama kali dilaksanakan di lingkup Cabang Konawe untuk tingkat nasional.

Pelaksanaan LK-II ini sendiri, kata dia, merupakan inisiatif dirinya bersama sekretarisnya Israjudin dalam upaya menjalankan sistematika pengkaderan berdasarkan konstitusi di lingkup HMI.

Ia pun menjelaskan, peran cabang adalah melaksanakan LK-II jika tidak bisa diturunkan status cabang itu. HMI Cabang Konawe pun sempat terancam akan diambil alih oleh Badan Koordinasi (Badko) HMI Sultra.

“Selama ini belum ada LK-II lagi dan HMI Cabang Konawe nyaris turun status. Makanya dengan LK-II ini HMI Cabang Konawe terselamatkan dari penurunan status,” ujar Masbudin.

Masbudin pun menuturkan, jika pelaksanaan LK-II tingkat nasional ini turut disukseskan alumni-alumni dari cabang lain, dan dihadiri oleh pemateri, tokoh HMI Nasional maupun regional Sultra dan Konawe semisal Ketua Korps Alumni HMI (KAHMI) Konawe da Sekjen KAHMI Konawe.

Masbudin lalu mengungkapkan rencana kegiatan HMI Cabang Konawe mendatang yaitu Senior Corp (SC) tingkat nasional yang pertama kali akan dilakukan di Konawe dan Latihan Khusus KOHATI (LKK).

“Insya Allah target kami bulan Apri atau Mei mendatang dua kegiatan itu akan terlaksana. Pasca LK-II ini, kami langsung lakukan persiapan untuk dua agenda itu,” pungkas Masbudin. (Red)