Beranda Ragam Jalanan Rusak Parah, Pemda Konut Diminta Evaluasi Diri

Jalanan Rusak Parah, Pemda Konut Diminta Evaluasi Diri

282

Kampung Konut
Wanggudu, – Kondisi jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut) kondisinya terbilang parah. Jalan yang berada di kawasan antara Kecamatan Lasolo dan Kecamatan Meluhu itu kini semakin sulit dilalui kendaraan.

Kondisinya yang berada di daerah pegunungan kawasan Matapila Kecamatan Lasolo itu, makin dikeluhkan pengendara. Sebabnya, selain rusak berat jalan yang berada pada kondisi menanjak itu makin licin dengan adukan lumpur.

Akibatnya, banyak kendaraan yang terpaksa harus mengalami kerusakan, mulai mesin yang kepanasan hingga mengalami robek ban kendaraan. Kesulitan melalui jalur ini paling dirasakan kendaraan roda empat. Sedangkan roda dua, pengendara harus berjibaku dengan lumpur agar bisa dilalui.

Tak jarang, untuk pengendara roda dua, bawaan mereka harus jatuh berendam dalam lumpur. Kondisi ini tentu saja disesalkan banyak pihak, sebab memasuki wilayah Konut, beberapa titik jalan rusak menjadi momok bagi para pengendara.

Untuk diketahui, jalan Meluhu-Lasolo merupakan akses terdekat antar dua kabupaten itu. Wilayah Kabupaten Konawe sendiri dianggap lebih beruntung karena kondisinya yang terbilang masih baik, meski sebelumnya sempat dituding tak memperhatikan jalan penghubung tersebut.

Salah seorang pengendara roda empat, Ramlan mengaku kecewa dengan pemerintah. Khususnya sebagai warga yang menggunakan jalan tersebut dirinya cukup kecewa dengan belum adanya inisiatif Pemda Konut dalam menyikapi persolan tersebut.

Dirinya menyebutkan, jika persoalan infrastruktur harusnya menjadi prioritas, apalagi kondisi jalan yang saat ini sudah sewajarnya ditanggapi. Bahkan apresiasinya ia berikan pada Pemda Konawe yang dinilainya lebih sigap. Sebab dirinya sebagai pengguna jalan hari-hari tahu betul dengan kondisi jalan tersebut.

“Program saja tdak jelas apa lagi mau perbaiki ini jalan, ini jalan kayak tidak ada tuannya,” kata Ramlan. (KS/Red)