Beranda Ragam Jelang HBN, BPBD Sosialisasikan Kesiap-Siagaan Bencana

Jelang HBN, BPBD Sosialisasikan Kesiap-Siagaan Bencana

560
BPBD Kabupaten Konawe saat melakukan sosialisasi di SMAN 1 Unaaha
BPBD Kabupaten Konawe saat melakukan sosialisasi di SMAN 1 Unaaha

Kampung Konawe
Unaaha, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe, untuk pertama kalinya melakukan sosialisasi kesiapsiagaan bencana alam di Sekolah  Menengah Atas (SMA)  I Negeri Unaaha Kamis,((20/4) pagi. Kegiatan tersebut sekaligus memperingati Hari Bencana Nasional (HBN) yang akan digelar tanggal 26 April mendatang.

“SMAN Unaaha akan menjadi tempat simulasi pertama kesiapsiagaan bencana se- Kabupaten Konawe yang akan digelar serentak secara nasional.” Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Kedauratan dan Logistik Kabupaten Konawe Dedet Ilnari Yusta.

Dikatakan, kegiatan yang dilaksanakan BPBD  merupakan sosialisasi kepada siswa tentang pengetahuan penyelamatan diri disaat sedang terjadi bencana gempa di sekolah, mengingat konawe termaksud salah satu kabupaten yang sering dilanda gempa meski kekuatan gempa tidak begitu keras guncangannya.

“Sosialisasi ini merupakan pencanangan kesiapsiagaan hari bencana nasional yang akan dilaksanakan pada 26 april nanti, jadi yang kami lakukan ini merupakan tes evakuasi mandiri kepada siswa sekolah.” jelas Dedet yang akrab disapa.

Selain melakukan tes evauasi, BPBD juga mengajarkan kepada siswa tentang jalur-jalur aman yang harus di lalui ketika terjadi bencana, hal ini perlu di pahami siswa untuk menjaga keselamatan bersama ketika bencana terjadi di dalam ruangan belajar. Sehingga angka resiko korban dapat diminimalisir.  misalnya denah ruangan kelas perlu di lakukan
perubahan posisi.

“Kami sisipkan kepada siswa tata cara pengaturan denah ruangan yang aman dari bencana, hal ini juga nanti akan disimulasikan pada 26 april mendatang ke semua siswa sekolah,” terangnya.

Untuk potensi bencana alam sendiri, lanjut dedet khusus wilayah konawe, bencana gempa bumi masih sering terjadi hanya saja sifat gempa tidak begitu keras namun hal ini tidak boleh di abaikan.

Untuk itu, sosialisasi bencana ini merupakan tahap awal BPBD menyampaikan pesan penting kepada siswa maupun masyarakat secara luas agar mengetahui hal-hal yang harus di lakukan ketika bencana itu terjadi.

“Kalau dari inaris yang di keluarkn BNPB itu ada berapa bencana yang khusus diperhatikan di konawe, antaranya longsor, banjir termaksud gempa masuk dalam potensi rawan di konawe, seperti tahun kemarin sering terjadi gempa hanya saja gempa itu masuk kategori gempa minor.”ungkapnya.

Selain memberikan pemahaman kepada siswa secara lisan. BPBD Konawe langsung melakukan tes simulai evakuasi mandiri kepada peserta dan nantinya tes evakuasi ini yang akan dilaksanakan di SMAN 1 Unaaha pada hari kesiapsiagaan bencana.

“SMAN 1 Unaaha ini kita akan  nobatkan menjadi sekolah percontohan kesiapsiagaan bencana. Pada intinya evakuasi yang dilaksanakan ini merupakan kesiapsiagaan bencana ketika terjadi gempa,” tutup Dedet. (KS/Red)