Beranda Lainnya Lipsus Kalkon, Obyek Wisata Musiman Warga Konawe

Kalkon, Obyek Wisata Musiman Warga Konawe

1194
Foto-Kalkon
Suasana Kalkon disore hari ramai pengunjung. Tak hanya warga Konawe, banyak pengunjung yang juga berasal dari daerah lain / Foto Faiz

Kampung Konawe
Aliran Kali Konawe–Eha (Kalkon) yang berada di Kecamatan Konawe, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, hampir setiap hari dipadati oleh pengunjung.

Sungai yang melintasi tak jauh dari pemukiman warga tepatnya di Desa Konawe, jadi objek wisata alternatif. Apalagi kalau hari libur kebanyakan pengunjung berasal dari luar daerah.

Foto Kalkon

Pemandangannya yang  begitu menarik  airnya yang jernih dengan pantulan sinar matahari. Udara yang sejuk, Hamparan batu kerikil beragam warna  dipinggiran bantaran sungai  konawe sanggup memukau para wisatawan local. Tak heran jika warga memilih sungai tersebut jadi salah satu tujuan untuk berekreasi.

Baca Juga :
Hutan Pinus Lasada, Wisata Hutan Perawan
Lingkungan Pemda Kini Jadi Wisata Baru Warga Konawe

Kali Konawe-Eha atau Kalkon begitulah warga Konawe menyebutnya, lokasinya yang tidak jauh dari pusat Kota Unaaha dapat dengan mudah dijangkau. Hitung-hitung kalau naik kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat jaraknya hanya 7 kilometer kira-kira 15 menit waktu perjalanan untuk sampai ditempat tujuan.

Saat Jurnalis Kampungsultra.com tiba lokasi, dari kejauhan nampak kendaraan roda empat dan ratusan kendaraan bermotor sudah terparkir rapih. Para pengunjung, orang tua, anak-anak sampai orang dewasa memadati pinggiran kali sambil menikmati suasana indahnya panorama.

Mereka menjeburkan badannya merasakan segarnya air di Kali Konawe itu.  Hiruk pikuk tawa terdengar dari sebagian anak-anak yang sedang berlarian. Sebagian lainnya ada yang hanya duduk dipinggiran sungai sambil bercanda ada yang memainkan gitar. Para pengunjung juga tak luput mengabadikan momen melalui jepretan kamera.

Disisi lain, kehadiran para pengunjung menjadi berkah tersendiri para penggais rezeki. Dipinggiran bantaran kali, warga yang tinggal tidak jauh dari area permandian tersebut memamfaatan keberadaan pengunjung.

Dengan alat seadanya mereka mendirikan tenda sambil berjualan berbagai macam aneka makanan untuk  kebutuhan para pengunjung. Bahkan, para pedagang dari luar juga datang untuk untuk menjajakan dagangannya. Sehingga sore hari itu begitu ramai oleh para pengunjung.

Foto_Kalkon

Nah, bagi anda yang penasaran! Cobalah luangkan waktu bersama keluarga. Hanya 15 menit ko..! dari kota Unaaha dijamin selain gratis suguhan panorama Kalkon akan memanjakan mata anda.

Tapi tunggu dulu ya.! Objek satu ini berbeda dengan sebagian wisata lainnya. Sebagian warga menyebutnya “wisata musiman” pasalnya, keindahan panorama yang satu ini nanti ramai dikunjungi ketika musim kemarau tiba.

Kalau musim penghujan wisata ini akan sepi oleh pengunjung. Intensitas air bakal tinggi bahkan melewati kepala orang dewasa. Arus yang tadinya tenang akan berubah begitu deras sehingga luapan sungai dikhawatirkan sangat membahayakan. Untuk itu warga sekitar area Kali Konawe melarang pengunjung jika debit air kali konawe tinggi. (Red)