Beranda Lainnya Advertorial Kery Serahkan Mobil Ambulans ke Lima Puskesmas

Kery Serahkan Mobil Ambulans ke Lima Puskesmas

40
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat menyerahkan mobil ambulans ke Kepala Puskesmas.

KONAWE – Untuk lebih memaksimalkan kinerja medis di beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara menyerahkan enam unit mobil Ambulans, Senin (25/1/2021).

Ambulans tersebut di serahkan langsung kepada lima kepala Puskesmas yakni, Puskesmas Laosu, Wonggeduku Utama, Latoma, Lalonggasumeeto, dan Routa. Sedangkan satu unit di serahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe sebangai Operasional promosi Kesehatan.

Penyerahan yang dilakukan oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa di Halaman Kantor Bupati Konawe usai Apel gabungan. Saat penyerahan berlangsung, Bupati Konawe berpesan agar dengan adanya mobil Ambulance tersebut, pelayanan kesehatan terhadap masyarakat semakin di tingkatkan lagi.

“Saya berharap kendaraan ini digunakan sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan medis kepada kepada masyarakat konawe,” harap Kery.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, drg. Mawar Taligana mengatakan mobil Ambulans tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan mobil tersebut telah dilengkapi dengan alat kesehatan.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memeriksa kondisi mobil ambulans sebelum diserahkan.

“Lima puskesmas yang menerima mobil tersebut memang jatah DAK afirmasi, dan Reguler dimana penyerahan mobil tersebut telah dirangkaikan dengan bangunan, serta alat kesehatannya. Sedangkan untuk Kecamatan Lalonggasumeeto memang pengadaannya sejak tahun lalu, namun dengan bersamaan pandemi Covid-19 jadi kami pinjam mobilnya untuk di Dinkes, karena Dinkes belum punya ambulans jadi kami pakai untuk sementara,” bebernya.

Lanjutnya, bangunan DAK afirmasi itu diserahkan di lima Kecamatan, sedangkan untuk DAK reguler itu di Kecamatan Morosi dan Uepai.

Drg. Mawar taligana juga membeberkan untuk tahun 2021 mereka telah mengusul lima puskesmas perawatan namun hanya dua yang di setujui oleh Pemerintah pusat, yakni di Puskesmas Pondidaha dan Amonggedo.

Dengan adanya fasilitas tersebut, Kadis Dinkes berharap agar fasilitas tersebut digunakan sesuai peruntukannya yauitu untuk pelayanan puskesmas keliling, menjadi kendaraan emergency pada pertoolongan kecelakaan dan bbencana, serta menjadi sarana angkutan jenazah ke rumah duka.

“Harapan saya mobil ini dipakai sebaik-baiknya dan digunakan pada peruntukannya,”tandasnya. (Red)