Beranda Kampung Politik Kesbangpol Sultra Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Kesbangpol Sultra Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

60
Sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula oleh Kesbangpol Sultra.

UNAAHA, – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (7/2/2019) mengggelar sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula.

Mengangkat tema Spirit Generasi Milenial Dalam Paradigma Politik Baru, sosialisasi yang dilaksanakan Kesbangpol Sultra sebagai upaya dalam rangka menghadapi pesta demokrasi, Pemilu tahun 2019.

Bertempat di Hotel Nugraha Unaaha, Kesbangpol Sultra mengadakan sosialisasi dengan menghadirkan Prof. Dr. Eka Suaib, M.Si dan Ketua KPU Konawe, Muhammad Azwar, S.Sos. M.Si sebagai narasumber.

Ada sekira 100-an peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar se kabupaten Konawe.

Muhammad Aswar yang bertindak sebagai pembicara, dalam kesempatan itu memaparkan materi tentang tahapan pemilu, surat suara, tata cara mencoblos, dan pengenalan TPS.

Di depan para peserta, Muhammad Aswar mengemukakan, tahun 2019 sebagai momentum besar untuk Indonesia. Sebab akan menjadi penentu siapa pemimpin bangsa selanjutnya.

“Ada hal baru yang akan terjadi di Pemilu tahun 2019 ini yakni Pemilihan Serentak. Dimana pemilih akan langsung memilih anggota legislatif dan Presiden/Wakil Presiden di saat yang bersamaan.” kata Aswar dalam materinya.

“Jadi, pada Pemilu Serentak 2019 nanti, pemilih akan mendapat 5 surat suara, yang akan dibedakan dengan warna,” lanjut Aswar menerangkan.

Ketua KPU Konawe, Muhammad Aswar menjadi pemateri dalam sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula oleh Kesbangpol Sultra.

Kelima surat suara ini adalah surat suara Presiden dan Wakil Presiden, surat suara Anggota DPR RI, surat suara anggota DPD RI, surat suara anggota DPRD Provinsi dan surat suara anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Hal lain yang akan berbeda dengan pemilu sebelumnya adalah jumlah pemilih muda yang membludak. Makanya, mereka diharapkan untuk menggunakan hak pilihnya di pesta demokrasi terbesar di Indonesia ini, karena suara mereka sangat menentukan masa depan bangsa ini.

Untuk diketahui kegiatan tersebut juga dihadiri oleh unsur pejabat dari Kesbangpol Sultra dan Asisten 3 Pemda Konawe mewakili Bupati Konawe. (Red)