Beranda Ibu Kota Kota Kendari Jadi Penyalur Jamaah Haji Terbanyak di Sultra

Kota Kendari Jadi Penyalur Jamaah Haji Terbanyak di Sultra

415
Sekda Kota Kendari, Dr.Alamsyah Lotunani (kanan) bersama Kemenag Kota Kendari Samsuri (kiri)

Ibu Kota
Kendari, – Sebanyak 682 calon Jemaah Haji asal Kota Kendari, mengikuti halal bihalal sekaligus pengarahan bimbingan Haji di salah satu hotel di Kota Lulo, yang dihadiri langsung oleh Sekda Kota Kendari, Dr Alamsyah Lotunani, Rabu (5/7).

Diketahui calon Jemaah Haji Kota Kendari merupakan yang terbanyak di Sultra. Diantaranya 249 jamaah laki-laki, dan 433 jamaah pria, ada peningkatan seratus persen di banding musim haji tahun lalu, yang hanya mencapai 300 lebih jamaah.

“Ada peningkatan 100 persen dibanding tahun lalu, dan itu kita bersyukur karena ini merupakan indikator pembuktian terjadi petingkatan kesejahteraan masyarakat kota,” katanya.

Dan untuk mendukung kelancaran proses haji bagi calon jemaah haji asal Kota Kendari. Pemkot Kendari sudah menyiapkan akomodasi para jamaah selama di Asrama haji dan embarkasi Makassar, selain itu pihakanya pula menyediakan transportasi menuju Bandara berupa bus trans lulo.

“Setiap tahun kita bantu akomodasi selama di asrma haji dan embarkasi Makassar, dan transportasi trans lulo kita siapkan dari Asrama haji untuk menuju Bandara, begitupun dimakassar kita siapkan transportasinya dari embarkasi,” jelas Alamsyah.


Ketgam : Ratusan calon jamaah Haji Kota Kendari, saat menghadiri pembukaan pelatihan manasik Haji di salah satu Hotel di Kota Kendari.

Sementara itu Kemenag Kota Kendari, Samsuri, saat ditemui usai kegiatan mengatakan, untuk manasik haji pihaknya sudah membagi di 10 Kecamatan dengan total pelatihan manasik sebanyak 10 kali.

“Manasik haji akan diselenggarakan sebanyak 10 kali, dua kali massal dan delapan kali di 10 kKecamatan yang sudah di bagi pada setiap Kecamatan,” jelasnya.

Manasik haji bagi calon jamaah haji akan diselenggarakan sejak tanggal 6 sampai 13 Juli, dengan jumlah 33 orang pembimbing dari praktisi Haji, Kiyai, Guru Asatiz dan Asatizah yang sudah mahir dalam bidang perhajian.

“Manasiknya kita selenggarakan selama delapan hari, dengan pembimbing yang sudah teruji dalam bidang haji, pembimbingnya ini bahkan sudah ada yang sampai enam kali naik haji,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Kota Kendari mendapat dua kloter yaitu 19 dan 20 ,”Kendari ada dua kloter namun yang kloter 20 itu setengah jadi kita gabung dengan kloter dari Kabupaten lain,” tambahnya.

Sementara itu tenaga medis yang disediakan Kemenag Kota Kendari, berjumlah tiga orang pada setiap kloter. Yang nantinya akan mengontrol jamaah haji selama di Embarkasi dan kembali lagi ke Embarkasi Makassar. (KS/Fd)