Beranda Kampung Politik KPUD Konawe Sosialisasi Pemilih Pemula Pilgub 2018

KPUD Konawe Sosialisasi Pemilih Pemula Pilgub 2018

257

Kampung Konawe
Unaaha, – Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe, Sabtu, (9/9) tadi menggelar sosialisasi pemilih pemula di Alika Caffe.

Sosialisasi itu melibatkan anak-anak pelajar yang telah memasuki usia memilih dari 5 sekolah menengah atas (SMA) se-Kabupaten Konawe. Sosialisasi kali ini fokus pada peran pemilih pemula pada perhelatan Pilgub mendatang.

Ketua KPUD Konawe, Sarmadan mengatakan, khusus sosialisasi kali ini sengaja dilakukan lebih dini sesuai amanat KPU propinsi Sultra. Hal ini diupayakan agar proses persebaran informasi bisa lebih maksimal, terlebih pemilih pemula belum memahami tahapan.

“Untuk pemilih pemula sendiri estimasi kita itu ada peningkatan, sejauh ini yang kami catat ada penambahan sekitar 2-3 persen pertahun atau sekitar 3 ribu pemilih pertahunnya.” Kata Sarmadan dalam penjelasannya.

Sarmadan mengungkapkan, soal keterlibatan pemilih pemula, khususnya wilayah Konawe sejauh ini masih normal, meski antusiame mereka tinggi. Kendati demikian, upaya melibatkan pemilih pemula secara maksimal akan terus diupayakan.

“Intinya ini menjadi tanggung jawab bersama, bagaimana membujuk pemuda-pemuda ini menggunakan hak pilihnya. Kendalanya memang sejauh ini, inisiatif pribadi pemilih pemula untuk terlibat masih kurang.” Ujar Sarmadan.

Kegiatan sosialisasi itu sendiri diikuti sekitar 50 peserta. KPUD sendiri membuka sesi tanya jawab dalam kesempatan itu. Acara sosialisasi diakhiri dengan hiburan bersama. (KS/Red)