Beranda Kampung Sultra Lagi, Anak Eks Bupati Konut Jadi Tersangka Korupsi

Lagi, Anak Eks Bupati Konut Jadi Tersangka Korupsi

549
Rusmin Nuriadin anak mantan Bupati Konawe Utara, Aswad Sulaiman
Rusmin Nuriadin anak mantan Bupati Konawe Utara, Aswad Sulaiman saat digeladang dari ruang penyidikan usai ditetapkan tersangka korupsi dana DAK Dinas Kehutanan Konawe Utara.

KENDARI, – Kasus korupsi di pusara keluarga mantan Bupati Konawe Utara (Konut), Aswad Sulaiman kembali muncul. Kini menjerat Rusmin Nuriadin (RN) yang merupakan ASN di lingkup Pemda Konut.

Rusmin ditahan atas dugaan korupsi pada dana alokasi khusus (DAK) di Dinas Kehutanan kabupaten Konut pada tahun anggaran 2015. Rusmin ditetapkan sebagai sejak Kamis (16/8/2018) dan langsung ditahan oleh Polda Sultra.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Sultra, AKBP Ferry Walintukan mengatakan Rusmin sebagai pemegang peran dalam kasus korupsi.

Kerugian negara yang ditimbulkan dari proyel pengadaan bibit itu mencapai Rp935.662.500 (sembilan ratus tiga puluh lima juta, enam ratus enam puluh dua ribu lima ratus rupiah).

“Modus tindakan korupsi yang dilakukan adalah melakukan pengalihan lokasi penghijauan dan bibitan jati, bayam dan ebony dari lahan warga ke lahan milik keluarga,” kata AKBP Ferry, Senin (20/8/2018).

AKBP Ferry menerangkan, jika kasus yang menjerat anak eks Bupati Konut berupa proyek bernilai Rp1,5 miliar.

Selain Rusmin, telah diamankan pula lima orang lainnya yakni mantan kepala Dinas Kehutanan Komut tahun 2015, Amiruddin Supu, pejabat pembuat komitmen (PPK), Muhammadu, kontraktor, Ahmad dan pejabat pemeriksaan barang, Zaenab dan Lili Jumartin.

Ditambah dengan dua buah kwitansi pembayaran senilai Rp150 juta dan Rp200 juta, total penyidik telah mengantongi tiga bukti yang memaksa penetapan tersangka dan penahan Rusmin. (Eko)