Beranda Lainnya Advertorial Lantik Pengurus MKKS, Bupati Kery Tekankan Profesionalitas Kepsek

Lantik Pengurus MKKS, Bupati Kery Tekankan Profesionalitas Kepsek

54
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat melantikan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, dan Swasta se-Kabupaten Konawe.
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat melantikan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, dan Swasta se-Kabupaten Konawe.

KONAWE – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melantik pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, dan Swasta se-Kabupaten dalam masa bakti 2020-2024 disalah satu hotel di Kecamatan Unaaha pada, Selasa (16/02/2021).

Di awal sambutannya, Kery Saiful Konggoasa berharap kegiatan ini dapat memberikan pencerahan terutama untuk Kepala Sekolah (Kepsek) yang akan dilantik dalam rapat kerja tersebut agar dapat meningkatkan profesionalisme sebagai agen pembelajaran untuk mewujudkan Indonesia yang beriman, cerdas dan konpetitif.

Orang nomor satu di Konawe itu mengungkapkan sebagai agen pembelajaran, Kepsek dituntut harus memiliki lima jenis kompetensi yakni, Kompetensi manager, kewirausahaan, supervisi, kepribadian, dan kompetensi sosial.

“Dalam Konteks ini, maka kompetensi Kepsek dapat diartikan sebagai kebulatan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diwujudkan dalam bentuk perangkat tindakan cerdas serta penuh tanggung jawab bagi seorang Kepsek untuk memangku jabatan sebagai sebuaf profesi,” kata mantan Ketua DPRD Konawe tersebut.

Lanjutnya, sebagai suatu lembaga penyelenggara pembelajaran, Bupati dua periode berturut-turut di Konawe itu mengatakan sekolah harus memenuhi persyaratan antara murid, Guru, program serta fasilitas seperti yang ada di sekolah pada umumnya.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat melantikan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, dan Swasta se-Kabupaten Konawe.

Politisi Partai Amanat itu menjelaskan upaya kerja yang harus dilakukan kepala sekolah beserta seluruh tim kerja dan guru, yakni membuat program sekolah, pengorganisasian sekolah, koordinasi, menjalin komunikasi, menata kepegawaian, mengatur pembiayaan sekolah, serta menata lingkungan sekolah.

Kata dia, mengenai perencanaan pembiayaan, Kepsek sebelumnya harus memikirkan perencanaan biaya yang diperlukan, bagaimana biaya diperoleh, penggunaan, pelaksanaan, pembukuan, dan pengawasan.

Terkait penataan lingkungan sekolah, Bupati Konawe menerangkan ada dua faktor yang perlu di perhatikan yakni lingkungan sosial psikology dimana suasana hubungankeharmonisan antara guru, siswa dan Kepsek dapat terjaga. Selanjutnya lingkungan fisik yang perlu di perhatikan agar sekolah berjalan dengan baik.

“jika ruangan belajar, meja , penerangan, sirkulasi udara serta suhu ruangan yang baik itu di perhatikan, maka sistem pembelajaran di sekolah itu akan berjalan baik pula,”katanya.

Kery Saiful Konggoasa yang sering disapa KSK menambahkan Kepsek dalam melaksanakan tugasnya tidak hanya terbatas pada program sekolah, menyusun organisasi, tetapi juga masih banyak kegiatan lain yang harus dilakukan agar sekolah yang dipimpinnya benar-benar maju, berkembang dan mencapai sasaran sesuai dengan tujuan pendidikan.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memberikan sambutan pada acata pelantikan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, dan Swasta se-Kabupaten Konawe.

Sebelum melakukan pelantikan, Bupati Konawe juga berpesan agar Kepsek juga harus meningkatkan kerjasama antar guru dan staf lainnya agar dapat bekerja secara profesional. Kepsek harus memberikan kesempatan kepada Guru dan stafnya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, memberi kesempatan kepada guru untuk mengikuti sertifikasi, melakukan diskusi kepada guru untuk kemajuan pendidikan di sekolah, membina para guru dan staf lainnya.

Selanjutnya Bupati Konawe melantik secara resmi seluruh pengurus MKKS SMP Negeri dan Swasta untuk masa bakti 2020-2024.

“Dengan dilantiknya pengurus MKKS SMP Negeri dan Swasta ini, saya harap dapat memperbaiki mutu pendidikan di Kabupaten Konawe serta dapat memunculkan ide cemerlang sehingga apa yang diharapkan para orang tua murid di Konawe sehingga sudah dapat berkompetitif dengan yang lainnya,” tandasnya. (Red)