Beranda Kampung Sultra Luapan Sungai Lasolo, Kembali Rendam Tiga Desa

Luapan Sungai Lasolo, Kembali Rendam Tiga Desa

523
Luapan sungai Lasolo yang merendam rumah warga

Kampung Konut
Wanggudu, – Hujan yang mulai turun sejak tadi malam membuat sungai Lasolo kembali meluap hingga merendam para pemukiman warga yang berada di tiga desa di kecamatan Asera dengan ketinggian air berkisar 20 hingga 30 cm meter.

Kepala Dinas Sosial Kab. Konut, Drs. Untung, M.Si langsung turun di tempat kejadian guna memantau kondisi terkini musibah banjir yang melanda 3 desa sekaligus, diantaranya Desa Tangguluri, Desa Walalindu dan Desa Tapuwatu.

Menurut Kadis Sosial Kab.Konut. Untung menjelaskan bahwa dampak terburuk yang paling dirasakan berada di Desa Tapuwatu dan Walalindu dimana jalur akses jembatan penghubung satu-satunya ke kawasan itu terendam air sehingga tidak bisa untuk dilewati.

“Sementara ini kami masih kesulitan untuk memantau kondisi terkini di bantaran sungai Lasolo untuk meninjau langsung kondisi pemukian penduduk karena jembatan di Desa Tapuwatu sudah terendam,” ungkap Untung saat ditemui saat meninjau lokasi kejadian, kamis (27/7).

Belum ada laporan pasti mengenai jumlah korban jiwa maupun kerugian harta benda yang ditimbulkan akibat bencana banjir yang melanda di kawasan tersebut. Namun Untung menjelaskan bahwa pihaknya akan terus memantau kondisi terkini guna akurasi data sebagai bahan laporan kejadian bencana kepada Bupati Konawe Utara.

Hal senada juga di sampaikan Kabag Humas Kab. Konut, Rahman Sorau melalui jejaring sosial mengenai kondisi terkini di lokasi banjir tersebut. Ia mengatakan bahwa pihakya masih menunggu hasil terakhir pemantauan yang dilaporkan ke pihaknya melalui Dinas Sosial Kab.Konut dan SKPD terkait saat ini masih berada dilokasi kejadian.

“Sementara ini saya sudah terima dokumentasi dari Bapak Untung mengenai Kondisi terakhir banjir di 3 desa sambil menunggu laporan resmi untuk saya teruskan ke Bapak Bupati ” jelas Rahman melalui jejaring Sosial.

Rahman kembali menjelaskan, sampai berita ini diturunkan, pihaknya masih terus berkooordinasi dengan SKPD terkait guna mengetahui kondisi terkini di lokasi kejadian dalam mempersiapkan langkah-langkah penanggulangan dan evakuasi bagi korban bencana sedini mungkin.

“Saat ini Bupati masih memonitor perkembangan terkini bencana banjir yang terjadi di Kec. Asera berdasarkan laporan yang masuk di pihak kami, untuk mengambil langkah antisipasi dan penyelamatan para korban sesegera mungkin oleh dinas-dinas terkait,” Pungkas Rahman.( KS/B/A)