Beranda Ibu Kota Ombudsman Gencar Sosialisasikan Kehadirannya Ditengah Masyarakat

Ombudsman Gencar Sosialisasikan Kehadirannya Ditengah Masyarakat

219

Ibu Kota
Kendari, – Berbagai hal dilakukan Ombudsman Republik Indonesia (ORI), untuk memperkenalkan kepada publik apa tujuan dan tupoksi pekerjaan ORI di Indonesia khususnya di Sultra.

Dengan menggelar jalan sehat bersama ratusan warga Kota Kendari dan Walikota Kendari Sulkarnain, diharapkan masyarakat semakin mengenal tujuan hadirnya ORI di Sultra.

Wakil Walikota Kendari, Sulkarnain dalam sambutannya mengatakan Ombudsman adalah lembaga Negara yang hadir untuk melakukan monitoring terhadap pelayanan masyarakat. Dimana masih banyak masyarakat yang belum mengetahui peran serta Ombudsman dan apa tujuan dibentukannya Ombudsman.

“Sosialisasi ini sangat penting untuk masyarakat, karena Ombudsman hadir untuk masyarakat yang mendapatkan tindakan tidak baik dalam sebuah pelayanan,” paparnyaKader Partai PKS itu juga berharap, agar pihak Ombudsman juga dapat melakukan sosialisasi tersebut kepada lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari khususnya pada SKPD. Agar penyelenggara pelayanan dapat melayani masyarakat dengan baik dan tidak melakukan tindakan yang tidak sesuai aturan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Penyelenggara juga butuh sosialisasi ini, karena dengan sosialisasi peran Ombudsman kepada SKPD-SKPD, akan membuat mereka dapat mengetahui pemberian layanan yang sesuai dengan ketentuan yang ada,” harapnya.

Plt Ketua Ombudsman RI perwakilan Sultra, Ahmad Rustam yang ditemui usai melaksanakan jalan santai menjelaskan, jalan santai tersebut adalah rangkaian kegiatan pembentukan komunitas Ombudsman. Dimana dengan mengetahui peran Ombudsman, masyarakat dapat menjadi bagian Ombudsman untuk melakukan pengawasan terhadap tindakan maldministrasi oleh penyelenggara layanan.

“Kami ingin memasyarakatkan Ombudsman, karena dengan sosialisasi ini semakin banyak masyarakat mengetahui tugas dan peran kami. Dan bila peran kami sudah ditahu oleh masyarakat, tentunya tugas Ombudsman akan terbantukan,” paparnya.

Pria yang juga berprofesi sebagai Dosen itu menjelaskan, jalan sehat ini adalah sebuah rangkaian sosialisasi yang dilakukan dalam bentuk lomba karikatur yang melibatkan para pelajar. Dimana para pelajar SMA menggambarkan tentang layanan publik yang dituangkan dalam sebuah karikatur.

“Jadi kami melibatkan semua eleman masyarakat, untuk bersama-sama mengetahui apa itu Ombudsman dan apa perannya.” tutupnya. (KS/Fd)