Beranda Kampung Sultra Parah, Bupatinya Jarang Ngantor, Pegawainya Kerap Bolos

Parah, Bupatinya Jarang Ngantor, Pegawainya Kerap Bolos

1037

Kampung Konawe
Unaaha, – Kabar jika Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa jarang masuk kantor sudah jadi konsumsi publik. Media dan para aktivis pun kerap menyoroti hal tersebut.

Parahnya, “virus malas ngantor” pimpinan daerah tersebut, seolah telah menjangkiti Aparatur Sipil Negara (ASN). Tak sedikit dari para oknum pamong praja tersebut yang juga malas berkantor. Atau mungkin berkantor, tetapi pulang sebelum jam pulang alias bolos.

Hal itulah yang tampak, pada Jumat (14/07/2017). Kantor Pemerintah Bupati Konawe tampak sepi. Pantauan media di beberapa kantor Dinas, tidak seramai hari biasanya.

Kondisi paling parah justru terlihat di kantor sekretariat daerah. Unsur pimpinan daerah, seperti Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah justru tak satu pun yang terlihat memarkirkan mobilnya di lobi depan.

Padahal, jam baru menunjukan pukul 10.00 Wita. Yang terlihat hanya beberapa mobil dan motor yang terparkir di beberapa gedung yang ada dalam lingkungan sekretariat, yang tak seramai hari biasanya.

Awak media ini pun mencoba melakukan menelusuran di gedung utama kantor bupati. Di ruang orang nomor satu dan dua daerah lumbung beras tersebut tampak sepi. Ruangannya pun tertutup.

Bahkan Polisi Palong Praja (Pol PP) yang biasanya berjaga dipos jaga yang berada diantara ruang bupati dan wakilnya, pun tak terlihat. Ruang-ruang lain pun sebagian besarnya tampak tertutup. Hampir tak ada aktivitas perkantoran di gedung tersebut.

Saat melakukan pengamatan, awak media ini kebetulan bertemu dengan salah seorang Staf Ahli Bupati, Muh. Said. Ia yang hendak ke salah satu ruangan untuk mengambil koran, harus kecewa karena ruang yang ia tuju tak terbuka. Ia pun menyayangkan kondisi perkantoran yang sepi itu.

“Mentang-mentang bupatinya lagi ke Mataram, pegawainya malas seperti ini,” ujar pria berkopiah dengan wajah sedikit prihatin.

Pria paruh baya tersebut juga bercerita, bahwa di ruangannya juga ada ASN yang malas berkantor. Dari lima staf, hanya ada tiga orang yang rajin masuk, termasuk dirinya.

“Dua orang lainnya jarang masuk,” katanya.

Pantauan media ini, bukan Jumat kali ini saja perkantoran sepi. Jumat pekan lalu, suasana perkantoran juga tampak sepi menjelang jam siang. Usai aktivitas senam pagi, beberapa ASN banyak yang kemudian membubarkan diri ke keluar kantor dan tak kembali lagi. (KS/Red)