Beranda Kampung Ekonomi Pemda Konawe Jamin Ketersediaan Pangan Selama Banjir

Pemda Konawe Jamin Ketersediaan Pangan Selama Banjir

208
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muhammad Akbar di Posko Tanggap Bencana Banjir BPBD Konawe.

UNAAHA, – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe melalui Dinas Ketahanan Pangan menjamin, bencana banjir yang melanda Konawe saat ini tidak akan mempengaruhi ketersediaan stok pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muhammad Akbar mengatakan, stok pangan yang ada saat ini masih sangat melimpah, sehingga tidak akan berpengaruh.

“Ketersedian pangan kita khususnya beras, Alhamdulillah sampai saat ini kita masih banyak stok bahkan bisa untuk 2 tahun mendatang,” kata Akbar, ditemui di Posko Tanggap Bencana BPBD Konawe, Kamis (13/6/2019).

Menurut Akbar, jumlah stok beras di Konawe surplus hingga 125 Ton dan jumlah ini jika dihitung sudah bisa menyuplai kebutuhan hingga 2 tahun mendatang.

Tak hanya beras, bahan pokok lainnya seperti minyak goreng dan terigu juga dijamin ketersediaanya.

Penyediaan pangan ini sendiri telah jauh hari dilakukan oleh Satgas Pangan yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan dan Bulog serta instansi lainnya.

Tujuannya, menurunya, guna menghindari kelangkaan dan potensi kekurangan bahan pangan khusus pada kondisi seperti yang terjadi saat ini.

Untuk penanganan pasca banjir, kata Akbar, Satgas Pangan sudah memperhitungkan kemungkinan kelangkaan dan kenaikan harga. Namun, pihaknya siap mengantisipasi jika benar terjadi.

“Kalau memang terjadi kenaikan atau kelangkaan pasca bencana, kami dari Satgas Pangan siap melakukan operasi pangan guna menstabilkan kembali,” ujarnya. (Red)