Beranda Kampung Sultra Pemda Konut dan Walikota Boeun Korsel Jalin Kerjasama Bidang Pertanian

Pemda Konut dan Walikota Boeun Korsel Jalin Kerjasama Bidang Pertanian

555
Konut-Boeun
Kerjasama antara Pemda Konut dan Walikota Boeun Korsel

Kampung Konut
Wanggudu, – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi meneken Memorandum of Understending (MoU) atau kerjasama dengan Walikota Boeun, Korea Selatan (Korsel).

Kerjasama ini meliputi bidang pertanian, pemuda dan olahraga. Tujuannya memberikan pemahaman tentang pertanian modern pada petani dan penyuluh di Konut. Selain itu direncanakan akan dibangun perusahaan yang bergerak dibidang pertanian, yang akan diisi oleh petani yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya.

“Kita rencanakan, penyuluh kita yang dari Pemda Konut dan para kelompok tani yang berhasil akan kita kirim ke Kota Boeun Korsel untuk mengikuti pelatihan. Biayanya akan ditanggung melalui PT. Made By Good (MBG) Group.” kata Bupati Konut, Ir. Ruksamin melalui Kabag Humas Pemda Konawe, Rahman Sorau saat dihubungi, Sabtu, (8/7).

“Petani maupun penyuluh yang akan dikirim akan belajar selama 1 sampai tiga bulan di sana, sepulangnya dari sana mereka akan mengelola pertanian melalui teknologi yang akan disediakan PT. MBG.” ujar Ruksamin dikutip Rahman Sorau.

Hasil pertanian yang dikelola oleh petani-petani yang telah melakukan praktek ke Boeun itu akan disuplai ke perusahaan milik PT. MBG seperti buah, sayuran dan kebutuhan pangan lainnya.

Program ini sendiri merupakan kelanjutan dari kerjasama dengan PT. MBG yang akan membangun smelter di Kabupaten Konut. Kerjasama ini meliputi peningkatan sumber daya manusia melalui pelajar dan pertanian ini sendiri. (KS/Red)