Beranda Ragam Penerima Bantuan PKH di Konut Bertambah, 2.030 KK Terima Melalui Rekening Pribadi

Penerima Bantuan PKH di Konut Bertambah, 2.030 KK Terima Melalui Rekening Pribadi

780

Kampung Konut.
Wanggudu, – Sebanyak 2.030 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di sembilan Kecamatan di Kabupaten Konawe Utara (Konut) tahun ini bakal menerima Bantuan Program Harapan (PKH).

Bantuan yang berasal dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI tersebut akan diserahkan kepada warga yang tergolong kurang mampu. Besaran yang akan di terima yaitu sebesar Rp.1.000.000 / KK / Triwulannya.

Berdasarkan data sesuai dengan komponen hasil verifikasi dan hasil pemutakhiran data yang dilaksanakan oleh pendamping PKH. Jumlah penerima tahun Ini meningkat dari tahun sebelumnya.

“Penerima PKH kami akan terus tingkatkan setiap tahunnya. Dalam rangka menekan keluarga miskin di kabupaten Konawe Utara,” hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial, Drs.Untung, M.Si, saat ditemui Selasa, (18/7) tadi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya kata Untung, Tahun ini Kemensos RI akan melakukan penyaluran bantuan kepada peserta melalui rekening Bank atas nama si penerima manfaat.

“Para peserta PKH akan menerima langsung melalui rekening masing-masing yang sudah ditunjuk oleh pihak Kementerian,” terang Untung.

Gambar Ilustrasi penerima bantuan PKH

Kata Untung, hal ini berdasarkan SK Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Kementerian Sosial Republik Indonesia No.05/LJS/05/2017 yang berisi Perubahan Surat Keputusan sebelumnya yang memuat tentang Penetapan Lokasi Penerima Bantuan Sosial Tunai menjadi Non Tunai.

“Dengan diberlakukannya SK tersebut maka mulai saat ini para penerima manfaat akan menerima bantuan melalui rekening Bank,” ungkap Untung.

Untuk mempercepat penyalurannya, Untung menjelaskan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah guna membahas teknis penyalurannya

“Sambil menunggu jadwal dari pihak Bank Mandiri selaku Bank yang ditunjuk Kemensos-RI untuk melakukan penyaluran di Konawe Utara,” jelas Untung.

Karenanya dalam waktu dekat pihaknya akan secepatnya memproses mekanisme penyaluran. Termasuk berkoordinasi dengan Bank yang di tunjuk karena belum memiliki kantor cabang di sini.

“Jika semuanya sudah siap Bupati sendiri yang akan memberikan langsung buku rekening kepada penerima manfaat,” pungkasnya.(KS/Bobi)