Beranda Kampung Hukrim Peras Kepala Pelabuhan Amolengo, Ketua Ormas Diciduk Polisi

Peras Kepala Pelabuhan Amolengo, Ketua Ormas Diciduk Polisi

280
Muhamad Sawal ketika diamankan atas tindakan pemerasan terhadap kepala UPTD Pelabuhan Amolengo.

KENDARI, – Petualangan Muhamad Sawal sebagai pentolan Ormas yang sering melakukan aksi unjuk rasa dan cukup meresahkan di Kabupaten Konawe Selatan dan Kota Kendari berakhir dengan penangkapan yang dilakukan aparat Polres Kendari, Sabtu (29/12/2018) malam.

Ia bersama ormas Barisan Pemuda Pemerhati Kebijakan (BPPK) Sulawesi Tenggara (Sultra) disangkakan telah melakukan pengancaman dan pemerasan terhadap kepala instansi pelayanan teknis penyebarangan kapal feri Amolengo pelabuhan bajo, Armin Malaka.

Sawal melangsungkan tindakannya dengan modus berpura-pura menyurat dengan dalih akan melakukan  aksi unjuk rasa besar hingga melumpuhkan aktivitas dipelabuhan Amolengo.

Dalam suratnya itu, aksi itu dijadwalkan akan dilaksanakan pada Sabtu (29/12/18) dan Senin (31/12/18). Mereka mengancam aksi tersebut akan dilakukan dengan melibatkan ratusan massa di dua lokasi yakni pelabuhan Amolengu dan juga pelataran kantor gubernur​ di Kota Kendari.

Kasat Reskrim Polres Kendari, AKP Diki Setiawan mengatakan, pelaku sendiri merupakan ketua ormas BPPK Sultra seperti yang dibawahinya. Ia ditangkap dengan barang bukti uang jutaan rupiah.

AKP Diki mengungkapkan, berbekal surat pemberitahuan aksi, pelaku lalu melakukan pertemuan dengan instansi pelabuhan dan meminta uang agar aksi tersebut dibatalkan.

Dalam pertemuan dengan Kepala UPTD Pelabuhan Amolengo, Armin Malaka itulah, pelaku awalnya meminta uang sebesar Rp30 juta.

“Tersangka diamankan bersama dua orang tersangka lain yang merupakan rekan pelaku beserta uang tunai Rp10 juta yang merupakan bagian dari permintaan dana 30 juta rupiah,” terangnya.

Sawal dan dua rekannya, yang juga merupakan pentolan satu ormas itu dijerat dengan pasal 368 dan juga pasal 369 KHUP tentang pemerasan dengan ancaman maksimal 9 tahun. (Eko)