Beranda Lainnya Advertorial Percepat Swab Tes, Pemda Konawe kini Punya Mobil PCR

Percepat Swab Tes, Pemda Konawe kini Punya Mobil PCR

11
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat mengecek mobil PCR

UNAAHA, – Masyarakat yang ingin melakukan test swab kini bisa mendaftarkan diri ke Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Konawe baru saja menyerahkan mobil laboratorium PCR (polymerase chain reaction) Covid-19 ke RS Konawe di halaman kantor Bupati Konawe pada Jum’at (2/10/2020).

Mobil tersebut merupakan hasil MoU kerjasama operasional antara Pemda Konawe dan PT Lentera Healthcare dalam rangka menanggulangi Virus Corona di Kabupaten Konawe khususnya. Mobil ini awalnya didatangkan untuk rekrutmen tenaga kerja lokal, namun juga untuk seluruh masyarakat Konawe dalam menghadapi penyebaran pandemi Covid-19 yang semakin meningkat.

Mobil laboratorium PCR ini digunakan dalam upaya percepatan tes swab untuk mendeteksi paparan virus corona. Kecepatan pemeriksaan dan hasil yang didapatkan akan sangat mempengaruhi penanganan pandemi Covid-19.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara menuturkan bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, penting dilakukan testing massif, tracking massif, dan edukasi. Sehingga untuk mempercepat proses testing atau pemeriksaan sampel swab memang perlu memiliki alat swab tambahan, seperti mobil PCR tersebut.

Dikatakan dengan adanya mobil PCR tersebut masyarakat dengan cepat bisa mengetahui hasil swab yakni maksimal tiga jam dan mampu menampung 300 sampel dalam sehari, tidak perlu lagi harus menunggu waktu berhari-hari untuk itu, dirinya berharap dengan keberadaan mobil PCR ini dapat digunakan secara maksimal meskipun jumlahnya hanya satu unit.

Ia pun berharap keberadaan mobil PCR ini dapat digunakan secara maksimal meskipun jumlahnya hanya satu unit. Dengan adanya mobil PCR tersebut hasil swab yang biasanya keluar 4 sampai 5 hari kini bisa di ketahui hanya dalam waktu tiga jam dan mampu menampung 300 sampel dalam sehari.

“Sebelumnya sampel swab kita masih mengirim ke RS bahteramas dan hasilnya keluar 4 sampai 5 hari, ini bisa 3 jam saja keluar hasilnya. Biayanya tergolong murah yakni Rp600 ribu dibandingkan ditempat lain yang biayanya mulai Rp750 ribu hingga 2 jutaan. Ini sangat membantu terutama bagi calon tenaga kerja lokal yang mendaftar di Morosi,” ungkapnya.

Gusli juga menambahkan, bentuk KSO dengan perusahaan terkait tidak terbatas waktu bahkan kika test swab mencapai 15 ribu pemeriksaan, mobil lab beserta alatnya tersebut akan menjadi milik pemda Konawe ke depannya.

“Untuk wilayah se-sulawesi baru pemda Konawe yang punya mobil PCR ini. Di indonesia baru ada 3 yang miliki yaitu ada di Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Kita (Sulawesi Tenggara),” ungkapnya.

Sementara penanggug jawab laboratorium BLUD RS Konawe, dr. Ucy Nadjemiyah, Sp.PK menjelaskan tehnis sebab nantinya akan di dampingi tim dari jakarta yang dibawa oleh speed laboratorium BLUD Konawe, yang mana nantinya akan menargetkan swab sekitar 250 sampai 300 dalam sehari dengan durasi waktu pemeriksaan satu sampel sekitar 3 sampai 4 jam.

“Kita bersama tim dari Jakarta yang dibawa oleh speed lab yang akan membimbing dan mentransfer ilmunya ke kami. Alat di dalam mobil lab tersebutpun terbilang lengkap mulai dari mesin PCR, ekstraksi DNA, sampai hasilnya keluar semua lengkap di dalamnya,” tuturnya. (Red)