Beranda Lainnya Lipsus Perdana di Indonesia, Konawe Buka Klinik Konsultasi Dana Kelurahan

Perdana di Indonesia, Konawe Buka Klinik Konsultasi Dana Kelurahan

251
DANA KELURAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinan saat meresmikan Klinik Konsultasi Dana Kelurahan Pemda Konawe
DANA KELURAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinan saat meresmikan Klinik Konsultasi Dana Kelurahan Pemda Konawe

UNAAHA, – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe melalui program perubahan atau inovasi resmi membentuk klinik Konsultasi Dana Kelurahan. Klinik ini diresmikan Senin, (16/12/2019) oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand.

Klinik ini dibentuk untuk mendukung transparansi dan efektifitas dalam penggunaan dana kelurahan, yang anggarannya baru diluncurkan tahun ini.

Kepala Bagian (Kabag) Keuangan, Sriany mengatakan, di klinik ini, para Lurah dapat mengkonsultasikan mulai tata cara perencanaan atau penganggaran dana kelurahan, penatausahaan hingga pertanggung jawaban keuangan kelurahan.

Dijelaskannya, bagian keuangan memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mengevaluasi dan monitoring pengelolaan keuangan di kecamatan dan kelurahan.

DANA KELURAHAN - Kabag Keuangan Pemda Konawe, Sriany, S.E.
DANA KELURAHAN – Kabag Keuangan Pemda Konawe, Sriany, S.E.

“Kalau ada masalah, misalnya tata cara pengadaan barang dan jasa, bisa datang untuk konsultasi, misal juga soal penatausahaan pembukuan dari aparat kelurahannya, supaya jangan ada kesalahan,” terang Sriany.

Menurutnya, klinik konsultasi dana kelurahan merupakan salah satu inovasi di bidang keuangan Pemda yang perdana ada di Pemda Konawe yang belum ada di daerah lain di Indonesia.

Lebih lanjut, dijelaskan, klinik ini sudah terintegrasi dengan beberapa instansi lain, untuk memudahkan konsultasi, seperti soal teknis ada Dinas Pekerjaan Umum (PU), perencaan ada Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Sebagai tahap awal, baru lima kelurahan yang saat ini menjadi binaan sebagai sampling yakni kelurahan Wawotobi, Bosebose, Hopa-Hopa, Lalosabila, dan kelurahan Nohu-Nohu.

“Untuk jangka panjangnya, seluruh kelurahan akan dilakukan pembinaan, karena Bupati Konawe, sudah mendukung sepenuhnya,” ujarnya. (Red)