Beranda Lainnya Lipsus Persembahan Musik Bambu Khas Tolaki pada Pembukaan TMMD 104

Persembahan Musik Bambu Khas Tolaki pada Pembukaan TMMD 104

28
Murid SD Negeri Wawotobi saat memainkan alat musim bambu khas suku Tolaki pada pembukaan TMMD ke-104 Kodim 1417 Kendari di Kabupaten Konawe. (foto/istimewa)

UNAAHA, – Pertunjukan budaya menjadi salah satu penampilan yang mengisi acara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1417/Kendari di lapangan Desa Nario, Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe, Selasa (26/02/2019).

Adalah pertunjukan musik bambu khas suku Tolaki yang dibawakan oleh 32 murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Wawotobi, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe.

Penampilan apik para anak-anak ini dalam memainkan alat musik tradisional khas suku Tolaki itu mendapat apresisi dari para tamu undangan pembukaan TMMD.

Gemuruh tepuk tangan dan sorak sorai mengiringi penampilan para anak-anak ini mulai dari awal musik dimaikan hingga di penghujung nada.

Para anak yang memainkan musik dari lirik lagu Oh Wulele dan Anak Mesikola yang dalam bahasa indonesia berarti Sebelum jadi Buah dan Anak yang sedang bersekolah itu dinilai sangat menghibur.

Seperti Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa yang memberikan apresiasi tinggi atas penampilan siswa-siswi itu. Kery mengaku takjub atas kelihaian mereka dalam memainkan alat musik tersebut.

Untuk diketahui musik bambu merupakan salah satu musik tradisional khas suku Tolaki. Yang telah ada sejak masa kerajaan yang terlestarikan hingga saat ini.

Musik bambu sendiri di Kabupaten Konawe sudah menjadi bahan ekstrakulikuler di masing-masing sekolah-sekolah.

Komandan Kodim (Dandim) 1417/Kendari Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya mengungkapkan, pelaksanaan pembukaan TMMD 104 di Konawe ini sangat meriah oleh masyarakat Konawe.

“Ini tak terlepas dari peran serta Pemerintah Daerah, masyarakat dan seluruh komponen yang terkait mendukung pelaksanaan TMMD ini,” kata Letkol Cpn Fajar. (Red)