Beranda Kampung Sultra Petani Protes, Benih Padi Dinas Pertanian Konawe Dituding Tak Bermutu

Petani Protes, Benih Padi Dinas Pertanian Konawe Dituding Tak Bermutu

169
Contoh benih padi yang dikeluhkan petani. Benih ini diketahui didistribusikan oleh Dinas Pertanian Konawe.

Kampung Konawe
Unaaha, – Sejumlah kelompok tani di Kelurahan Wawonggole dan Kelurahan Poasaa memprotes bantuan bibit benih padi Dinas Pertanian Kabupaten Konawe.

Para petani ini kesal karena benih yang diperjualbelikan oleh pemerintah tidak bermutu. Hingga hari ini petani harus menanggung kerugian akibat kualitas bibit benih padi yang mereka tanam tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hal ini diketahui setelah salah satu ketua kelompok tani Masrid Laguna, saat ditemui dirumahnya, Jum’at, (15/9) kemarin, mengungkapkan hal ini.

Dijelaskan, untuk mengetahui kualitas benih padi dirinya telah beberapa kali mencoba menyemaikan tapi tak satupun yang mengeluarkan burin padi artinya, kata dia kualitas benih ini tidak layak tanam. Sehingga hasil tanam membuat sebagian tanaman tidak merata.

“Coba lihat di sawah pertumbuhan padi tidak merata sehingga, hasil panen juga kurang bagus,” jelas Masrit.

Masrit mengharap, agar pemerintah setempat agar menyalurkan benih yang bermutuh pada musim tanam ini untuk meningkatkan panen yang berkualitas.

“Saya mengatakan demikian, karena benih padi bersubsidi dari pemerintah banyak yang tidak berkualitas, bahkan sebagian tanaman padi kami mengalami gagal panen,” kata Masrit. (KS/Red)