Beranda Lainnya Lipsus PMI Konawe Bantu Family Kit dan Hygiene Kit Untuk Korban Banjir

PMI Konawe Bantu Family Kit dan Hygiene Kit Untuk Korban Banjir

148
Penyerahan bantuan family kit dan hygiene kit oleh Ketua PMI Konawe Titin Nurbaya Saranani didampingi Plt. Kepala BPBD, Herianto kepada Kepala Desa Ambuulanu, Ketut Irawan
Penyerahan bantuan family kit dan hygiene kit oleh Ketua PMI Konawe Titin Nurbaya Saranani didampingi Plt. Kepala BPBD, Herianto kepada Kepala Desa Ambuulanu, Ketut Irawan

UNAAHA, – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Konawe dipimpin langsung Ketua PMI, Titin Nurbaya Saranani menyalurkan bantuan berupa family kit dan hygiene kit kepada para korban banjir di dua desa di Kacamatan Pondidaha, yaitu Desa Ambuulanu dan Desa Sulemandara, Kamis (16/7/2020).

Penyaluran itu dilakukan bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe yang turut menyalurkan logistik bahan pangan berupa sembako.

Ketua PMI Konawe, Titin Nurbaya Saranani mengatakan, bantuan family kit dan hygiene kit berasal dari PMI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dipersiapkan untuk disalurkan ke daerah-daerah terdampak bencana alam.

Penyerahan bantuan family kit dan hygiene kit oleh Ketua PMI Konawe Titin Nurbaya Saranani didampingi Plt. Kepala BPBD, Herianto di Desa Sulemandara.

“Kami PMI bersama BPBD Konawe hari ini meyalurkan bantuan, kalau dari kami ada family kit dan hygiene kit. Untuk BPBD sendiri paket sembako,” ujar Titin.

Adapun rincian paket family kit yaitu tikar sebanyak 13 lembar, hygiene kit 43 paket, kelambu 50 lembar, selimut 14 lembar, baskom 30 buah dan jeriken tujuh buah, dan masker. Seluruh bantuan ini diserahkan kedua desa terdampak melalui pemerintah desa.

Titin mengungkapkan, saat ini beberapa keluhan telah disampaikan para pengungsi di dua desa yang dikunjungi khususnya masalah penyakit yang mulai melanda semisal gatal-gatal, demam dan flu.

“Untuk permintaan warga yaitu kebutuhan logistik pangan, air bersih dan selimut. Yang masih kurang tinggal dapur umum, tapi itu akan dilakukan secepatnya,” kata Titin.

Titin sendiri mengapresiasi kerjasama pemerintah daerah dalam menangani para korban banjir. Sinergi antara BPBD, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial dinilainya sudah sangat baik di lapangan.

Ketua PMI Konawe Titin Nurbaya Saranani saat menyapa langsung salah seorang pengungsi di posko pengungsian Desa Ambuulanu Kecamatan Pondidaha.

Sebagai informasi, berdasarkan data BPBD Konawe, Desa Ambuulanu dan Desa Sulemandara telah dilanda banjir sejak sepekan terakhir, kondisinya dua desa ini nyaris tak bisa diakses lagi lewat darat.

Untuk data pengungsi, di Desa Ambuulanu terdapak 140 pengungsi atau sembilan belas Kepala Keluarga (KK) yang terbagi dalam dua posko. Untuk Desa Sulemandara berjumlah 30 KK pengungsi. (Red)