Beranda Kampung Hukrim Polres Konawe Apel Pasukan, Dimulainya Operasi Zebra Anoa 2019

Polres Konawe Apel Pasukan, Dimulainya Operasi Zebra Anoa 2019

128
OPERASI ZEBRA - Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar saat pemeriksaan pasukan pada apel gelar pasukan Operasi Zebra Anoa 2019 di halaman Mapolres Konawe, Rabu (23/10/2019).
OPERASI ZEBRA - Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar saat pemeriksaan pasukan pada apel gelar pasukan Operasi Zebra Anoa 2019 di halaman Mapolres Konawe, Rabu (23/10/2019).

UNAAHA, – Polres Konawe melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra Anoa 2019 di halaman Mapolres Konawe, Rabu (23/10/2019). Apel dihadiri unsur TNI/Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) Konawe, dan Senkom.

Apel pasukan dipimpin langsung Kapolres Konawe, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad Nur Akbar, dihadiri Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1417/Kendari, Mayor Petrus Hehakaya dan Kepala Dishub Konawe, Nuriadin, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Unaaha, Febrian Ali.

Untuk diketahui, Operasi Zebra Anoa 2019 akan berlangsung dari tanggal 23 Oktober sampai 5 November 2019.

Apel gelar pasukan diawali dengan upacara kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan tanda pita operasi oleh Kapolres Konawe kepada masing-masing pasukan dari TNI, personil Sat Lantas Polres Konawe, anggota Dishub dan anggota Senkom.

Amanat Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Merdisyam dibacakan inspektur apel gelar pasukan Operasi Anoa Zebra 2019, AKBP Muhammad Nur Akbar.

Dikatakan, Operasi Zebra Anoa 2019 dimaksudkan dalam rangka mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang Kanseltibmas Lantas di wilayah hukum Polres Konawe.

Adapun sasaran operasi Zebra Anoa 2019 akan menyasar delapan prioritas pelanggaran yakni surat-surat kendaraan, penggunaan helm SNI, melawan arus, menggunakan HP saat berkendara, di bawah pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan safety belt.

Penyematan tanda pita Operasi Zebra Anoa 2019 oleh Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar.
Penyematan tanda pita Operasi Zebra Anoa 2019 oleh Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar.

“Operasi ini dilaksanakan dengan mengedepankan giat penegakan hukum sebesar 80 persen serta giat preventif 10 persen dan preemtif sebesar 10 persen,” sebut AKBP Muhammad Nur Akbar.

Para personil dalam melaksanakan tugasnya harus lebih humanis, arif dan bijaksana dengan tetap menunjukkan ketegasan dalam bertindak terhadap pelanggaran lalu lintas.

Hal penting lainnya adalah para petugas diminta menghilangkan sikap arogansi yang mengedepankan kewenangan dan tindakan-tindakan dengan pungutan liar yang menyebabkan pelaksanaan Operasi Zebra menjadi kontra produktif dalam penciptaan Kamseltibcar lantas.

“Saya juga menekankan, personel melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Selanjutnya, untuk memperhatikan keamanan personel mengingat ancaman terorisme di lapangan,” pungkasnya. (Red)