Beranda Lainnya Lipsus Program Desa Labela Dinilai Penuhi Standar

Program Desa Labela Dinilai Penuhi Standar

545
Kepala Desa Labela, Kadir Ambemali
Kepala Desa Labela, Kadir Ambemali

Kampung Konawe
Unaaha, – Kepala Desa (Kades) Labela, Kadir Ambemali menegaskan bahwa program-program di desanya telah memenuhi standar dalam pelaksanaannya, sehingga segala tudingan yang diarahkan kepadanya tidaknya benar dan mengada-ada.

Persoalan yang dimaksud Kadir adalah adanya isu yang berkembang soal dugaan non prosedural program peningkatan jalan di desa yang dipimpinnya. Dirinya menolak secara tegas jika dinilai melanggar, sebab menurutnya apa yang dilaksanakan telah sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) program peningkatan jalan tersebut.

“Kami dituding melakukan penyimpangan, padahal jalan itu dalam RAB yang harusnya dikerjakan 1,095 M3 tapi hasil pengukuran sertifikasi 1,218,39 M3 atau 1,453 M1 yang berarti ada selisih lebih 143,39 M3 sehingga pelanggaran yang dimaksudkan tidak benar
adanya.” kata kadir.

Kadir mengambil contoh lainnya, misalnya yang ditudingkan ketebalan jalan hanya 10 CM padahal kenyataan di lapangan 20 CM. Luas jalan yang dipersoalkan pun dengan lebar 3 M adalah seperti itu dalam RAB nya, bahkan material yang digunakan sudah sesuai prosedur yakni menggunakana Tanah, Pasir dan Batu (Tasirtu).

“Jadi kami merasa apa yang ditudingkan pada kami memang kurang dipahami. Misalnya lebar yang diprotes hanya 3 meter, kenyataan memang seperti itu tapi dalam RAB yang disusunpun memang hanya lebarnya segitu.” Ujar Kadir.

Kadir sendiri yakin tak ada pelanggaran didalamnya sebab telah disertifikasi oleh Pendamping Desa, Tenaga Ahli, TPK dan Sekertaris dengan rekomendasi 100 Persen. Dari Inspektorat pun telah melakukan pemeriksaan, meski belum dikeluarkan hasilnya namun sejauh ini ia anggap belum ada komplain yang diterimanya.

Sekedar diketahui, jalan yang yang dipersoalkan adalah peningkatan jalan sejauh 1,095 M dari Desa Labela hingga Desa Onembute, Kecamatan Besulutu. Program ini menghabiskan anggaran Rp. 245 lebih Juta yang pengerjaanya dilaksanakan oleh CV. Harapan Jaya.

Jalan itu sendiri dikerjakan sejak Juni 2017 lalu dan selesai akhir Agustus di tahun yang sama. Pengerjaannya dilaksanakan dua tahap. (KS/Red)