Beranda Ibu Kota Ricuh Penertiban Eks Pasar Panjang, Pemilik dan Satpol PP Saling Hantam

Ricuh Penertiban Eks Pasar Panjang, Pemilik dan Satpol PP Saling Hantam

156
Aparat Satpol PP Kota Kendari usai terlibat bentrok dengan para penyewa lahan di lokasi eks pasar panjang Kota Kendari.

KENDARI, – Penertiban bangunan kios di lokasi bekas pasar panjang Kota Kendari yang berada di Kelurahan Bongoeya, Kendari Rabu (18/7/2018) berlangsung sengit. Sejumlah keributan mewarnai upaya penertiban yang sudah cukup lama tertunda ini.

Saat penertiban hendak dilaksanakan, penyewa kios dan juga pemilik lahan yang tidak terima dengan penertiban melakukan perlawan terhadap aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Dengan menggunakan alat seadanya seperti batu, para penyewa kios berusaha menghentikan aktifitas penertiban dengan melempari petugas Satpol PP di lokasi.

Meski kejadian ini tak berlangsung lama, aksi dorong-dorongan dengan petugas juga sempat mewarnai aksi penertiban ini.

Usai sedikit mereda, petugas Satpol PP langsung mengerahkan alat berat yang telah disiapkan. Perlahan, alat berat akhirnya merobohkan satu-persatu bangunan yang dianggap liar di lokasi bekas pasar itu.

Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kota Kendari, Mudhar mengatakan pembongkaran ini dilakukan usai upaya peringatan yang dilakukan pihaknya tidak diindahkan pemilik lahan dan pemilik kios.

“Para penyewa telah kami diberi waktu dan sesuai perjanjian akan melakukan pembongkaran bangunan secara mandiri, tapi tidak ada tindakan maupun itikad baik.” ujar Mudhar.

Penyewa bangunan kios yang ditertibkan ini selanjutnya akan diarahkan masuk ke dalam Pasar Sentral Wuawua sebagai lokasi pasar resmi milik pemerintah Kota Kendari. (Eko)