Beranda Kampung Pendidikan Sekolah Diliburkan, Siswa Dialihkan Belajar Daring Lewat Aplikasi

Sekolah Diliburkan, Siswa Dialihkan Belajar Daring Lewat Aplikasi

240
Kepala Dikbud Kabupaten Konawe, Dr. Suriyadi
Kepala Dikbud Kabupaten Konawe, Dr. Suriyadi

UNAAHA, – Dalam upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 atau corona, Pemerintah Kabupaten Konawe secara resmi meliburkan kegiatan belajar mengajar bagi semua sekolah dari tingkat PAUD/TK, SD, dan SMP sejak 16 hingga 31 Maret mendatang.

Mengatisipasi kevakuman siswa selama masa libur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe mengeluarkan kebijakan bagi seluruh siswa untuk belajar secara daring dari rumah melalui aplikasi.

Kepala Dikbud Konawe, Dr. Suriyadi mengatakan, aplikasi belajar yang akan digunakan yakni Quizizz. Aplikasi ini dipilih karena basis pembelajaran yang digunakan Quizizz bersifat permainan kuis interaktif yang diyakini akan menumbuhkan minat belajar para anak didik.

Dalam aplikasi ini, selain bahan ajar yang sesuai kebutuhan, juga menyediakan fasilitas interaksi secara online antar guru dan siswa yang dibimbing melalui orang tua.

“Aplikasi Quizizz ini kami sudah gunakan di sekolah-sekolah sejak akhir 2019 sebelum adanya wabah virus corona. Jadi aplikasi ini cukup memadai untuk digunakan,” kata Suryadi, Jum’at (20/3/2020).

Para orang tua diharapkan untuk segera menyediakan kebutuhan para siswa untuk mengakses apalikasi ini seperti Smartphone dan sarana internet agar bisa segera menggunakan aplikasi ini.

Kata Suriyadi, penggunaan aplikasi ini bagi siswa akan dipantau pihak satuan pendidikan melalui pelaporan harian. Para pendidik pun dituntut untuk bisa memaksimalkan penggunaan sarana belajar ini.

Suriyadi pun berharap, sekolah bisa memaksimalkan metode belajar daring berbasis aplikasi ini, dalam upaya mewujudkan pelaksanaan pembelajaran digital pada abad ke-21.

“Yang pastinya peranan orang tua harus besar dalam mendampingi anaknya, utamanya menyiapkan kebutuhan belajar mereka seperti smartphone dan fasilitas internet,” pungkasnya. (Red)