Beranda Kampung Hukrim Selama Februari 2019, Polda Sultra Sudah Amankan 9,6 Kg Sabu

Selama Februari 2019, Polda Sultra Sudah Amankan 9,6 Kg Sabu

41
Kepolisian Daerah (Polda) Sultra saat merilis hasil pengungkapan peredaran narkotika jenis sabu selama Februari 2019 seberat total 9,6 Kg dengan 20 tersangka.

KENDARI, – Angka peredaran dan juga penguna narkotika dalam wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara kian mengkhawatirkan. Ini terlihat dari jumlah barang bukti yang berhasil digagalkan dan jumlah tersangka.

Seperti yang diungkap jajaran Ditresnarkoba Polda Sultra yang selama bulan Februari 2019 ini berhasil menggagalkan sedikitnya 9,6 kilogram (kg) narkotika jenis sabu dengan 20 orang tersangka.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sultra, Kombes Pol Satria Adhy Permana mengungkapkan, sejak awal Februari timnya berhasil menggagalkan sedikit 9,6 kilogram narkotika jenis sabu.

“Mengungkap 16 laporan polisi (LP) dengan 22 orang tersangka. Namun dua diantaranya berhasil melarikan diri,” kata Kombes Pol Satria saat konfrensi pers, Kamis (28/2/2019).

Meski kegiatan pengungkapan gencar dilakukan pihak terkait, namun pasar penyalahgunaan narkotika di wilayah di Sultra saat ini terus tumbuh.

Hingga jaringan internasional dan juga antar provinsi kini mulai berani memasok dengan jumlah kilogram. Ini terlihat dari hasil pengungkapan sebulan terakhir ini.

Adapun jumlah barang bukti yang berhasil diamankan ini adalah yang besar dalam tiga tahun terakhir, ironisnya ke 20 orang tersangka yang diamankan ini adalah kurir semata .

Dari para tersangka barang bukti terbanyak yang diamankan pihak Ditresnarkoba Polda Sultra adalah milik tersangka Darmansyah yang diamankan saat transit disebuah hotel dalam kota Kendari sebanyak 5,396 gram dan juga milik DPO Taufik Rasyid bin Rasyid warga Puwatu sebanyak 3,471 gram.

Kesemua tersangka ini dijerat dengan undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika pasal 114 (2) jo pasal 112 (2) dengan ancaman hukuman 5 hingga seumur hidup. (Eko)