Beranda Lainnya Adventorial Semarak Expo Konawe Hingga Ramah Tamah HUT Konawe ke-59 Tahun

Semarak Expo Konawe Hingga Ramah Tamah HUT Konawe ke-59 Tahun

29
HUT Konawe ke 59 tahun
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat membacakan kategori petani berprestasi pada puncak perayaan HUT Konawe ke 59 tahun.

Pemukulan gong oleh Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, menjadi tanda dibukanya Expo Konawe Gemilang dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kabupaten Konawe yang ke-59. Pembukaan Expo berlangsung meriah di halaman kantor Bupati Konawe, Selasa malam (5/3/2019).

Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara. Turut hadir Ketua DPRD Konawe, H. Ardin, Dandim 1417 Kendari, Letkol CPN Lutvi Haris Wijaya, SE., M.I.Pol., Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand, serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Acara dibuka dengan persembahan tari kreasi tradisional yang mainkan secara kolosal. Penampilan tari pembuka menjadi sangat menarik dengan perpaduan musik modern dan nyanyian-nyanyian bahasa Tolaki dan lagu bertema kebangsaan.

Gusli Topan Sabara yang didapuk membuka acara dalam sambutannya menuturkan, Expo Konawe Gemilang ke-59 merupakan momen bangkin untuk Konawe dengan menanamkan nilai kebersamaan.

HUT Konawe ke 59 tahun 2
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersama Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat membuka acara Expo Konawe tahun 2019.

Nilai kebersamaan tersebut, menjadi inspirasi sekaligus melatarbelakangi Pemda Konawe untuk menjadikan kegiatan olahraga dan seni budaya itu sebagai salah satu upaya membangun nilai nilai kearifan lokal yang mulai meredup digilas perkembangan zaman.

“Kegiatan ini penting dilaksanakan karena salah satu cara untuk meningkatkan nilai kebersamaan dan persatuan dengan istilah Suku Tolaki peduduluando atau pepokoasoa,”

“Kondisi ini juga yang menjadi inspirasi Kabupaten Konawe dalam upaya membangun kembali nilai-nilai kearifan lokal yang meredup digilas perkembangan zaman,” ujar Gusli.

KEMERIAHAN RAMAH TAMAH HUT KONAWE

Kegiatan Expo Konawe Gemilang dalam rangka HUT Kabupaten Konawe ke-59 telah ditutup, Jum’at (8/3/2019). Penutupan Expo Konawe Gemilang 2019, ditandai dengan pemberiaan penghargaan untuk beberapa instansi, lembaga dan individu.

Gusli Topan Sabara
Gusli Topan Sabara

Rangkaian acara peringatan HUT Konawe ini ditandai dengan kegiatan ramah tamah untuk segenap masyarakat Konawe melalui hiburan berupa penampilan band ibukota, Wali Band.

Kegiatan ramah tamah itu dihadiri
lansung Bupati Kery Saiful Konggoasa
bersama Wakil Bupati (Wabup), Gusli
Topan Sabara, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Konawe, penjabat eselon lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan segenap lapisan masyarakat.

Dalam sambutan Bupati, yang dibacakan Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara mengatakan, peringatan HUT Konawe merupakan titik masyarakat dalam mengisi kembali lembaran sejarah saat ini.

“Saya berharap peristiwa ini bukanlah
hanya sebuah acara yang hanya semarak dalam prosesi seremonialnya saja, tetapi menjadi inspirasi bagi kita semua untuk menata daerah yang kita cinta ini, dalam mewujudkan cita-cita bersama menuju masyarakat Konawe yang maju dan sejahtera,” terangnya.

Selain itu, dikesempatan tersebut, Gusli menyampaikan visi misi KSK-GTS. Dan kembali mengingatkan mencapai apa yang sedari awal sudah dikerjakan oleh keduanya. Diantara program-program itu adalah pola kerja kuantum untuk mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah lain.Tamu undangan pada pembukaan Expo Konawe tahun 2019

Acara ramah tamah ini juga turut dijadikan ajang perlombaan ditingkat pemerintahan, mulai instansi, lembaga hingga per individu, mulai dari kebersihan hingga capaian individu dibidang inovasi.

Ditingkat instansi sendiri, Sekretariat DPRD Konawe keluar sebagai pemenang sebagai intansi paling bersih tahun 2019 dibidang kebersihan.

Untuk individu, I Made Sukratna keluar sebagai pemenang. Ia memenangi kategori sebagai petani berprestasi.

Sebagai penutup, ramah tamah diakhiri dengan persembahan Wali Band melalui lagu-lagu fenomenalnya. Masyarakat yang hadir tenggelam dalam suguhan yang sengaja dihadirkan pemerintah guna menghibur masyarakat. (Adv)