Beranda Lainnya Advertorial Semarak HUT Konawe ke-60, dari Expo Pembangunan hingga Pawai Budaya

Semarak HUT Konawe ke-60, dari Expo Pembangunan hingga Pawai Budaya

55
Gubernur Sultra, H.Ali Mazi, bersama Bupati Konawe Kery Saipul Konggoasa dan Wabup Gusli Topan Sabara saat meresmikan Konawe Expo dirgahayu Kab. Konawe yang Ke 60

UNAAHA, – Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe tak lagi sekadar seremoni semata. Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe mempersiapkan sejumlah acara yang akan memeriahkan perayaan hari jadi Konawe ke-60 tahun di tahun 2020 ini.

Kegiatan pertama yaitu pameran pembangunan Konawe Expo. Pembukaan Pameran Pembangunan berlangsung semarak, di Lapangan Bumi Perkemahan Sulemandara, Kecamatan Pondidaha, Sabtu (29/02/2020).

Acara dimulai dengan kegiatan One Day Trail Adventure. Acara yang dimulai pukul 09.00 Wita itu berlansung semarak. Sekira 600 rider lintas kabupaten hingga provinsi ikut dalam ajang tersebut.

Para rider dilepas langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Disaksikan Kajari Konawe, Irwanuddin Tajuddin dan Sekda Konawe, Ferdinand Sapan.

Mereka yang berpartisipasi dalam kegiatan touring adalah rider dari kalangan profesional dan eksekutif. Untuk kalangan eksekutif diikuti langsung oleh Sekda Konawe, Ferdinand Sapan, para kepala OPD, hingga anggota DPRD.

Sore, sekira pukul 14.00 Wita, rombongan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi tiba dilokasi pameran. H. Ali Mazi hadir dengan menggunakan mobil off road, Toyota Hardtop. Ia didampingi istrinya Agiata Aryani yang datang dengan mengendarai mobilnya sendiri. Unsur Forkopimda juga turut hadir.

Bupati Konawe, Kery Saipul Konggoasa saat memberikan Sambutan pembukaan Konawe Expo
Bupati Konawe, Kery Saipul Konggoasa saat memberikan Sambutan pembukaan Konawe Expo

Kehadiran H. Ali Mazi untuk membuka secara resmi pameran Pameran Konawe Expo. Peresmian Konawe Expo ini ditandai dengan pengguntingan Pita H. Ali Mazi didampingi Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama ibu, Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara bersama ibu serta pejabat lainnya.

Pada kesempatan tersebut Ali Mazi memuji kepemimpinan duet Kery – Gusli yang telah membuat pertumbuhan ekonomi naik secara signifikan. Menurut Ali Mazi Konsep Pembangunan Konawe Gemilang yang mendorong tiga sektor unggulan yakni Sejuta Ton Beras, Sejuta Sapi dan Seribu Kolam terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Konawe dan tertinggi di Sultra.

Sebelumnya, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa melaporkan kepada Gubernur Sultra atas segala capain yang diraih saat memimpin Konawe bersama Gusli Topan Sabara.

Menurut Kery, berkat kerja sama Pemerintah, Stake holder dan masyarakat Konawe, pertumbuhan ekonomi meningkat hingga menghampiri dua digit (9,20 persen) dan tertinggi di Sultra. Angka ini merupakan angka tertinggi sejak Kery menakhodai Kabupaten Konawe.

“Alhamdulillah, pendapatan perkapita masyarakat kita meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi kita. Ini bukan kata saya tetapi kata Badan Pusat Statistik (BPS) Konawe,” kata Kery.

Pada kesempatan itu Ali Mazi yang didampingi Forkopimda Sultra, Bupati dan Wakil Bupati Konawe menyerahkan secara simbolis 8400 sertifikat prona 2019 program program pemerintah pusat, serta 1000 ekor bantuan sapi dari Pemda Konawe.

Pawai Budaya peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Konawe ke-60 Tahun 2020.

Konawe Expo sendiri dijabarkan Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara sebagai ajang untuk memamerkan dan mempromosikan hasil-hasil pertanian, perkebunan dan peternakan di daerah itu. Menjadi arena tukar pikiran antara petani dengan petani-petani dari kecamatan lainnya.

“Expo Konawe merupakan ajang promosi bagi daerah untuk menampilkan produk unggulannya,” katanya.

Menurut Gusli, dari sekian rangkaian kegiatan HUT, Expo Konawe merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh masyarakat dan banyak diminati oleh pengunjung, dan setiap harinya ribuan pengunjung mendatangi ke stand-stand yang ada di Expo Konawe.

“Dengan tinggnginya animo masyarakat untuk datang menyaksikan Expo Konawe merupakan ajang promosi bagi industri-industri UKM yang ada di Konawe, sehingga kegiatan ini mampu mempromosikan hasil karyanya kepada masyarakat Konawe maupun dari luar Konawe,” lanjutnya.

Kegiatan selanjutnya yaitu pawai bertajuk kebudayaan yang digelar, Senin (02/03/2020). Pawai dimulai pukul 14.00 Wita. Peserta pawai mengambil titik start di jalan poros Unaaha – Kendari, tepat di kediaman H. Wuata Saranani, Kecamatan Pondidaha dan finish di lapangan bumi perkemahan Lasandara.

Upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke-60 tahun 2020. Upacara dipimpin Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

Peserta pawai menampilkan sejumlah busana khas. Peserta dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hadir dengan busana kain tenun khas suku Tolaki. Sementara dari perwakilan masing-masing kecamatan, tampak lebih beragam.

Kecamatan Amonggedo misalnya. Peserta pawai hadir dengan berbagai warna budaya. Ada Tolaki, Jawa dan Balik. Bahkan alat musik khas Bali, turut mengiringi parade budaya.

Hal yang sama juga terlihat pada parade budaya kecamatan pondidaha. Peserta dari kecamatan ini juga tampil dengan arak-arakan budaya lintas suku. Kecamatan ini juga sempat memperagakan tari-tarian dari dari para pejalar saat melintasi tribun kehormatan.

Ada juga parade dari rekan-rekan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Mandala Waluya Kendari. Mareka ikut memeriahkan parade budaya dengan mengenakan almamater kuning.

Ketua Panitia Ekpo Konawe Gemilang, Suriyadi menuturkan, peserta pawan diikuti 29 kontingen dari kecamatan. Kemudian 29 kontingen dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Selain itu ada tambahan dari kontingen mahasiswa Stikes Mandala Waluya dan organisasi di Konawe,” jelasnya.

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara saat menyampaikan Pidato pada Rapat Paripurna HUT Kabupaten Konawe ke-60 di Gedung ABD Samad DPRD Kabupaten Konawe
Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara saat menyampaikan Pidato pada Rapat Paripurna HUT Kabupaten Konawe ke-60 di Gedung ABD Samad DPRD Kabupaten Konawe

Peserta pawai disambut langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Ketua DPRD Konawe, H. Ardin. Hadir juga Anggota DPRD Sultra yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Konawe, Titin Nurbaya Saranani dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Konawe, Cici Ita Ristianty.

Sementara itu, di malam puncak HUT Konawe 3 Maret 2020, masyarakat diberikan hiburan berupa penampilan Band ibu kota, Repvblik. Penanda malam puncak dilakukan acara pemotongan nasi tumpeng.

Sebelumnya, upacara puncak perayaan HUT dilakukan di area Bumi Perkemahan Sulemandara yang dipimpin Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa yang selanjutnya dilakukan Rapat Paripurna di Kantor DPRD Konawe.

Pada malam puncak itu, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara meyampaikan optimismenya ingin mensejahterakan masyarakat Konawe dimasa kepemimpinannya bersama Kery Saiful Konggoasa, yang masih tersisa tiga tahun lagi.

Untuk itu, program yang telah dicanangkan pemerintah melalui program seribu sapi, program sejuta beras, dan program seribu kolam, akan terus berkesinambungan demi terwujudnya Konawe Gemilang.

“Ada tiga indikator dalam visi misi kami berdua bersama Bapak Kery Saiful Konggoasa. Yang pertama bagaimana mewujudkan kesejahteraan kepada masyarakat, kedua bagaimana masyarakat kita sehat, dan yang ketiga bagaimana masyarakat kita berpendidikan. Sebab kesemuanya itu merupakan janji kami berdua untuk diwujudkan” tutur Gusli. (Adv)