Beranda Kampung Pendidikan Siswi Asal Konawe Lolos ke O2SN Tingkat Nasional

Siswi Asal Konawe Lolos ke O2SN Tingkat Nasional

184
Indah Rahmadani siswi Konawe yang lolos O2SN tingkat nasional
Kanan ke kiri : Kabid Dikdas Dikbud Konawe, Tira Liambo, siswi peserta O2SN tingkat Nasional, Indah Rahmadani, ayah Indah, Marsamin, ibu Indah, Aisya Mini, Kepala SDN Anggaberi, Nur Alam.

UNAAHA, – Seorang siswi Sekolah Dasar (SD) asal Kabupaten Konawe, Indah Rahmadani lolos seleksi ke Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2019 tingkat nasional mewakili Sultra yang akan dihelat di Semarang, Jawa Tengah.

Indah sendiri tercatat sebagai siswi kelas 6 di SD Negeri Anggaberi berusia 11 tahun, anak pasangan dari suami istri, Marsamin dan Aisya Mini.

Indah lolos ke tingkat nasional setelah berhasil meraih nilai tertinggi di bidang atletik. Ia bersaing ketat di tingkat provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merebut perwakilan bidang atletik di tiga lomba yakni lari, lompat katak dan lempar turbo/tolak peluru.

Kepala SD Anggaberi, Nur Alam mengatakan, Indah akan mewakili Sultra sebagai tim provinsi di ajang tahunan itu. Bersama kawannya dari kabupaten lain, ia akan bersaing dengan peserta dari 34 provinsi.

“Insya Allah akhir Juli akan berangkat. Ada 4 cabang yang kita ikuti di tingkat provinsi yaitu Atletik, Bulu Tangkis, Karate dan Pencak Silat. Tapi hanya Indah dari cabang atletik yang masuk ke tingkat nasional,” kata Nur Alam, ditemui Kamis (15/8/2019).

Kini, Indah sedang melakukan persiapan dengan mengikuti latihan rutin yang diprogramkan selama 2 kali sehari selama menunggu panggilan menuju Semarang.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Tira Liambo mengatakan, pemerintah mendukung penuh atas prestasi yang dicapai Indah.

“Pemerintah selalu support. Apalagi ini soal nama sekolah dan daerah Konawe. Makanya kita dari awal memang sudah programkan kegiatan perlombaan seperti ini,” kata Tira Liambo.

Seperti lomba yang diikuti Indah ini, Tira mengungkapkan, pemerintah menyokong mulai dari tingkat seleksi di tingkat sekolah-sekolah kecamatan hingga akhirnya akan bergabung ke tim Sultra nanntinya.

Soal bonus, Tira berujar akan mendorong hal itu kepada pimpinan daerah. Namun dipastikan Indah akan mendapat bonus, meski baru akan disampaikan ke pimpinan daerah.

“Insya Allah akan disediakan bonus, kita sudah mulai akan ajukan ke Pemda untuk bisa diakomodasi,” ujarnya.

Sebelum ke tingkat provinsi untuk masuk tingkat nasional, Indah lebih dulu mengikuti seleksi antar siswa se Kecamatan Anggaberi yang terdiri dari 7 sekolah dasar.

Dari kecamatan, kemudian Indah kembali bersaing dengan siswa-siswi lainnya dari sekolah-sekolah di Kabupaten Konawe dan berhasil mewakili Konawe ke tingkat provinsi. (Red)