Beranda Ibu Kota Tak Lama Lagi, RS Bahteramas Bakal Dilengkapi CT Scan

Tak Lama Lagi, RS Bahteramas Bakal Dilengkapi CT Scan

537
Humas RS Bahteramas, Masyita

Ibu Kota
Kendari, – CT Scan atau alat pendekteksi yang memiliki radiasi tinggi, merupakan suatu prosedur atau alat yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut kecil, dari tulang tengkorak dan otak pasien. Sayangnya, Rumah Sakit (RS) Bahteramas belum memiliki alat pendekteksi tersebut.

Untuk itu, pihak RS milik pemerintah ini sudah bersiap untuk menyiapkan alat kesehatan tersebut, agar pelayanan terhadap pasien BPJS bisa dilakukan. Hal tersebut diungkapkan Humas RS Bahteramas, Masyita saat ditemui di ruang kerjanya.

”Saat ini memang belum ada, tapi untuk pengadaan alat itu rencananya memang kita sudah ada,” Bebernya saat ditemui di ruangan kerjanya.

Selain itu, kata dia, alat CT Scan tidak serta merta bisa di gunakan seluruh rumah sakit, karena efeknya juga cukup berbahaya bagi keamanan.

”CT Scan itu kan alat yang radiasinya sangat tinggi, otomatis di tembok harus dipasangkan anti radiasi untuk menjaga kemanan pasien dan perawat. Jadi, memang harus ada orang yang lebih mengerti, sehingga kalau dia sudah menyatakan boleh baru kita oke, dan kalau pun alatnya sudah ada, dilihat dulu kalau sudah dibolehkan dengan perusahaan yang kerjasama dengan kita baru kita gunakan,” Ungkapnya.

Untuk di Sultra sendiri alat CT Scan juga baru ada disatu tempat, dan bagi pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan tetap dikenakan biaya untuk mendapatakan pelayanan alat tersebut.

“Kalau sekarang CT Scan baru ada di Maxima, tapi itu juga harus di genjot, karena CT Scan ditanggung BPJS Kesehatan. Tapi, kerena kita bermasalah dengan CT Scan yang lama, sehingga kalau ada pasien yang harus di scan, otomatis harus mereka bayar sendiri ke maxima, karena BPJS dan Maxima tidak kerjasama,” Tutupnya. (KS/Fd)