Beranda Kampung Pendidikan Unilaki Gandeng Bulog Sukseskan Program USV

Unilaki Gandeng Bulog Sukseskan Program USV

487

Kampung Konawe
Wawotobi, – Universitas Lakidende (Unilaki) kini sedang fokus dengan program andalannya yakni Unilaki Smart Village (USV), program ini bagian dari rencana Unilaki untuk mengembangkan Agro Industri di bumi Anoa melalui lembaga pendidikan yang berpusat di Konawe ini.

Tak tanggung-tanggung soal itu, Unilaki bahkan menggandeng Bulog Devisi Regional Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mensukseskan program tersebut dengan menjadi penyedia sarana produksi pertanian. Kerjasama ini telah disepakati oleh Kepala Bulog Divre Sultra, La Ode Amijaya Kamaluddin yang diwakili oleh Rahibun, S.Sos dengan Rektor Unilaki, Prof. Laode Masihu Kamaluddin, Jum’at (20/01), di Aula Ahmad Sarita Unilaki.

Kerjasama yang disaksikan oleh ketua Yayasan Lakidende Razak Porosi, Siti Aminah Razak Porosi ini merupakan kerjasama dalam bidang pengembangan produksi padi di Kabupaten Konawe dan Kolaka Timur dan sejalan dengan program Bulog sendiri yakni On Farm yaitu menyediakan sarana produsi padi dan hasilnya dijual ke bulog.

Dalam perjanjian ini, Unilaki bertanggung jawab sebagai penyedia lahan dalam penerapan program On Farm Bulog atas lahan yang dimilik universitas di dua kabupaten dan menyediakan sarana untuk petani dan sebagai konpensasi bulog akan menjadi pembeli utama atas hasil panen tersebut.

Disisi lain bulog bertanggung jawab untuk menyediakan sarana produksi pada untuk pengembangan program On Farm yang akan dilaksanakan oleh Unilaki dan menanggung segala sara pendukung seperti transportasi pengangkutan hasil panen.

Dalam sambutannya masing-masing, baik bulog maupun Unilaki saling optimis dalam kerjasama ini, apalagi program mereka masing-masing saling sejalan dengan yang lainnya. “Kita harapkan kerjsama ini berjalan baik seperti yang direncanakan.” kata Laode Masihu Kamaluddin.

Penandatanganan kerjasama ini disaksikan langsung oleh mahasiswa Unilaki. Di kesempatan itu hadir pula Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog, Imam Subowo. Kerjasama ini turut didukung oleh dua lembaga universitas sebagai lembaga internal yang bersentuhan langsung dengan program ini yakni Lembaga Penelitian dan Penjamin Mutu Unilaki, di kepalai Rudi Aziz, dan Dekan Fakultas Ekonomi, Masyaili, SE. (KS/Red)