Beranda Lainnya Kesehatan Update Covid-19 Konawe 26 April: Satu Pasien Positif Sembuh, Dua OTG Baru

Update Covid-19 Konawe 26 April: Satu Pasien Positif Sembuh, Dua OTG Baru

186
Juru Bicara Tim Covid-19 Konawe, dr. Dyah Nilasari (tengah) ditemani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, drg. Mawar Taligana (kiri) saat memberikan keterangan pers update penangan Covid-19 atau virus corona di Kabupaten Konawe beberapa waktu lalu.
Juru Bicara Tim Covid-19 Konawe, dr. Dyah Nilasari (tengah) ditemani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, drg. Mawar Taligana (kiri) saat memberikan keterangan pers update penangan Covid-19 atau virus corona di Kabupaten Konawe beberapa waktu lalu.

UNAAHA, – Gugus Tugas Tim Percepatan Penanganan Covid-19 (Coronavirus Desease 2019) Konawe kembali merilis kondisi terkini, Minggu (26/04/2020), pukul 19.00 Wita.

Juru Bicara Tim Covid-19 Konawe, dr. Dyah Nilasari mengumumkan satu pasien positif Covid-19 warga Konawe yakni anak laki-laki usia 1.5 tahun yang menjalani perawatan di RS Bahteramas dinyatakan sembuh.

Anak tersebut dinyatakan sembuh (negatif) dari Covid-19 usai menjalani pemeriksaan swab sebanyak dua kali.

“Saat ini pasien sudah diperbolehkan pulang dari ruang isolasi rumah sakit Bahteramas Kendari,” terang dr. Dyah Nilasari.

Sementara tiga pasien positif COVID-19 kasus lama, masih menjalani perawatan. Satu dirawat di rumah sakit Bhayangkara dan dua di rumah sakit Bahteramas dengan kondisi baik dan stabil.

Untuk kasus orang tanpa gejala (OTG) ada dua kasus OTG baru yakni, berjenis kelamin perempuan usia 29 tahun dan 19 tahun berasal dari Kecamatan Pondidaha.

“Kedua OTG tersebut akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan rapid tes untuk dipastikan status selanjutnya,” ujarnya.

Temuan dua OTG diketahui setelah dilakukan tracking atau penelusuran berdasarkan informasi dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Kendari, warga Konawe berstatus OTG berjumlah lima orang.

Namun, diketahui tiga dari lima OTG tersebut belum memasuki wilayah Konawe. Satgas Covid-19 Konawe sendiri telah melakukan pendataan identitas OTG tersebut, diketahui seluruhnya berjenis kelamin laki-laki.

Ketiga warga Konawe itu diantaranya berusia 29 tahun terdeteksi bahwa yang bersangkutan saat ini berada di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan belum sempat kembali ke Konawe.

Selanjutnya, OTG yang masih di luar Konawe ini berusia 22 tahun, informasi yang didapatkan, begitu tiba di Kota Kendari yang bersangkutan langsung melakukan pelayaran ke Kota Lombok.

Sementara untuk satu orang lainnya yang berusia 23 tahun, hingga saat ini belum diketahui keberadaannya akibat kehilangan kontak.

“Kami sedang melakukan penelusuran dan saat ini kami sedang melakukan kerjasama dengan Dinas Catatan Sipil Kabupaten Konawe untuk diketahui secara jelas keberadaan nya,” katanya.

Ia pun mengajak masyarakat yang mengenal MM usia 23 tahun yang berasal dari Bandung dan mengetahui keberadaannya untuk melaporkan ke Dinas Kesehatan ataupun ke pihak kecamatan terdekat. (Red)