Beranda Lainnya Pariwara Verifikasi SPM Menjadi Tolak Ukur Daerah Kabupaten Konut

Verifikasi SPM Menjadi Tolak Ukur Daerah Kabupaten Konut

302

Pariwara

Kampung Konut
Wanggudu, – Verifikasi Standar pelayanan Minimal (SPM) yang dilakukan Badan pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sultra di gelar hari ini, Kamis 13 Juli 2017 di jajaran Satuan Kerja (Satker) Kabupaten Konawe Utara.

Melalui Kabag Pengawasan dan Tugas Pemerintahan, Eki Supriyadi, SE menjelaskan tujuan dari dilakukannya verifikasi SPM bagi instansi-instansi yang berkaitan langsung ke masyarakat.

“Salah satunya adalah sejauh mana kita mengetahui indeks prestasi kinerjanya,” jelas Eki.

Eki juga menjabarkan, 6 instansi yang terkait langsung dengan pelayanan publik diantaranya meliputi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K), Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Lingkungan Hidup (BLH) , Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan BKKBN Kabupaten Konawe Utara.

” Ini sesuai Perda no 7 Tahun 2015 tentang pengelolaan Keuangan daerah dan Perda tentang pelayanan publik maka, Pemerintah Daerah harus menerapkan SPM,” beber Eki

Dikatakan, pusat pelayanan yang paling dekat dengan masyarakat adalah tingkat daerah dalam hal ini kabupaten.

“Indikator-indikator menjadi penilaian dalam verifikasi SPM ini meliputi data-data kemasyarakatan, fasilitas-fasilitas umum.dikelola oleh instansi terkait serta jumlah asset pemerintah yang sudah tidak digunakan,” kata Eki

Ia menjelaskan, Hasil dari Verifikasi SPM nantinya akan di tuangkan dalam LPPD sebagai bahan laporan sekaligus evaluasi terhadap pencapaian target kerja satker terkait melalui sinkronisasi data yang ada dengan proyeksi dilapangan.

“Kegiatan verifikasi ini rencananya akan berakhir esok, mudah-mudahan ke enam SKPD tersebut sudah menyelesaikan SPM-nya,” tutup Eki. (KS/Athien)