Beranda Kampung Pendidikan Wisuda S1 ke-35 dan S2 ke-15, Ini Kabar Baik dari Rektor UNIDAYAN

Wisuda S1 ke-35 dan S2 ke-15, Ini Kabar Baik dari Rektor UNIDAYAN

1214

Baubau, – Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN) Baubau dengan visi Unggul di kawasan timur Indonesia kembali menggelar wisuda sarjana yang ke-35 dan Pascasarjana ke-15 periode I, Minggu (10/7/2017). Kali ini wisuda diselenggarakan di gedung Maedani dikarenakan renovasi pembangunan dan perluasan Gedung Baruga La Ode Malim Kampus Palagimata UNIDAYAN masih dalam proses pengerjaan.

Rektor UNIDAYAN, Ir. H. L.M. Sjamsul Qamar, M.T dalam laporannya menyampaikan bahwa UNIDAYAN pada Wisuda periode pertama tahun 2017 ini telah mewisuda Wisudawan dan Wisudawati sebanyak 251 orang terdiri 248 orang program strata satu (S1) dan 3 orang program strata dua (S2), dengan rincian: Program studi Pend. Bahasa Inggris 42 orang, Pendidikan Matematika 27 orang, Kesehatan Masyarakat 26 orang, Pendidikan Ekonomi 40 orang, Teknik Informatika 23 orang, Pendidikan Sejarah 25 orang, Ilmu Hukum 12 orang, Manajemen 10 orang, Teknik Sipil 14 orang, Ilmu Administrasi Negara 2 orang, Akuntansi 12 orang, Teknik Mesin 10 orang, Sosiologi 2 orang, Budidaya Perairan 3 orang, dan Pascasarjana (Ilmu Administrasi Negara) sebanyak 3 orang. Dengan dilaksanakannya wisuda ini, UNIDAYAN telah meluluskan Sarjana dan Magister berjumlah 9735 orang.

Pada kesempatan yang sangat baik ini juga Sjamsul Qamar menyampaikan bahwa pada tanggal 28 April 2017 menerima SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 213/KPT/I/2017 Tanggal 04 April 2017 tentang Pembukaan Program Studi Teknik Pertambangan untuk Program Sarjana UNIDAYAN.

“Saya juga ingin menyampaikan kabar yang membahagiakan, yakni pada tanggal 28 April 2017, saya selaku pimpinan perguruan tinggi menerima SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 213/KPT/I/2017 Tanggal 04 April 2017 tentang Pembukaan Program Studi Teknik Pertambangan untuk Program Sarjana UNIDAYAN” ungkapnya.

Sjamsul Qamar juga mengatakan bahwa saat ini UNIDAYAN telah menjalin kerjasama dengan 18 institusi, tiga yang terbaru diantaranya (1) STIE Perbanas Surabaya untuk melakukan Kerjasama Penyusunan Dokumen mutu untuk peningkatan akreditasi terbaik; (2) Rumah Sakit Ibnu Sina Yayasan Wakaf Universitas Muslim Indonesia (YW-UMI) Makassar untuk melakukan Kerjasama Bidang Pendidikan, Penelitian/Pengkajian Ilmiah, dan Pengabdian Masyarakat; (3) Universitas Gunadarma Jakarta untuk melakukan Kerjasama Kelembagaan dalam pembinaan dan pengembangan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pada hari ini UNIDAYAN juga akan melakukan penandatangan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Muna tentang Pendidikan, Penelitian/Pengkajian, dan Pengabdian pada Masyarakat.

Kemudian dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi khusunya Penelitian, para dosen berperan aktif untuk merespon Hibah yang didanai oleh RISTEKDIKTI, tahun 2017 LPPM UNIDAYAN telah mengirim proposal penelitian dosen sebanyak 29 buah dengan rincian 2 proposal penelitian disertasi doktor, 25 buah penelitian untuk dosen pemula, 2 buah proposal penelitian strategis nasional institusi 5 buah serta proposal pengabdian pada masyarakat sebanyak 5 buah proposal yaitu 4 proposal Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dan 1 buah proposal KKN/PPM. Sedangkan sebelumnya pada Tahun 2016 sebanyak 21 proposal hibah yang didanai oleh Ristekdikti saat ini sedang berjalan dengan rincian 17 hibah penelitian dan 4 hibah pengabdian pada masyarakat dengan total anggaran Rp. 953.625.000.

Harapan Sjamsul Qamar dalam wisuda ini agar para wisudawan dan wisudawati bisa memberikan kontribusi kepada pembangunan Nasional maupun daerah khususnya di kawasan Buton Kepulauan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Menutup laporannya, Sjamsul Qamar mengucapkan terima kasih kepada segenap orang tua dan keluarga wisudawan atas kepercayaannya untuk menitipkan anggota keluarganya untuk menempuh pendidikan di UNIDAYAN.

“Kepada segenap orang tua dan keluarga wisudawan, kami mengucapkan terima kasih yang mendalam atas kepercayaan bapak, ibu dan saudara sekalian untuk menitipkan anggota keluarganya untuk menempuh pendidikan di UNIDAYAN” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartiningsih, M.P, Wakil Walikota Baubau, Hj. Wa Ode Maasra Manarfa, S.Sos., M.Si. yang sekaligus sebagai Ketua Yayasan Pembina UNIDAYAN, Bupati Muna, Rusman Emba, ST, beberapa Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Baubau, Ketua I, Ketua II dan Unsur Yayasan Pembina Unidayan yang lain, Para Wakil Rektor, Para Dekan, Para Dosen, Karyawan lingkup Unidayan, Wisudawan dan Wisudawati beserta orang tua/wali masing-masing.

Citizen Reporter: Dahmar, SKM., M.Kes.