Beranda Ragam Wonggeduku Barat Sosialisasi Permendagri 20 dan Penanganan Stunting

Wonggeduku Barat Sosialisasi Permendagri 20 dan Penanganan Stunting

152
Sosialisasi Permendagri Nomor 20 Tahun 2018
Sosialisasi Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dan Konvergensi Penanganan Stunting desa se-Kecamatan Wonggeduku Barat.

UNAAHA, – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Abdi Praja Kecamatan Wonggeduku Barat menggelar sosialisasi Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dan Konvergensi Penanganan Stunting, Rabu (21/8/2019) di Aula Hotel Sri Rayahu.

Sosialisasi dibuka Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Ray Suriyanto didampingi Sekretaris Camat Wonggeduku Barat, Asmari, Ketua BKAD Abdi Praja, Eka Aswad.

Ketua BKAD sekaligus panitia sosialisasi, Eka Aswad mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi dan transfer pengetahuan kepada pemerintah desa terkait penerapan Permendagri Nomor 20 tahun 2018 dan konvergensi penanganan stunting.

Sehingga, program pemerintah pusat yang telah direncanakan dapat terlaksana sampai level desa, seperti diamanatkan dalam permendagri salah satunya pengelolaan dana desa dengan mengedepankan penanganan stunting khususnya di wilayah Kecamatan Wonggeduku Barat.

“Secara khusus, sosialisasi ini diharapkan seluruh elemen pemerintah desa dan masyarakat dapat memahami secara konkrit materi yang disampaikan dan menerapkannya dalam proses pembangunan di desa,” kata Eka.

Sementara itu, Kabid DPMD, Ray Suriyanto mengungkapkan, dengan kegiatan ini diharapkan pemerintah desa melalui kepala desa bisa melaksanakan apa yang menjadi poin sosialisasi berupa aktualisasi dari Permendagri Nomor 20 tahun 2019.

“Bagi pemerintah desa agar bisa mengakomodasi apa yang menjadi program nasional dalam perencanaan penggunaan dana desa, sama halnya penanganan stunting harus menjadi prioritas,” ujarnya.

Untuk diketahui, sosialisasi ini akan dilaksanakan selama dua hari terhitung hari ini hingga Kamis (22/8), dengan materi Permendagri nomor 20 tahun 2018 dan konvergensi penanganan stunting.

Sosialisasi ini sendiri melibatkan tiga unsur dari desa yakni aparat desa, masyarakat dan kader posyandu dari 12 desa se-Kecamatan Wonggeduku Barat.

Pemateri sosialisasi terdiri dari Dinas PMD, tenaga ahli dan pemateri pengelolaan dana desa lainnya. (Red)